nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masya Allah, Tahanan Rutan Pakjo Palembang Disiapkan sebagai Hafiz Alquran

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 15:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 19 614 2131783 masya-allah-tahanan-rutan-pakjo-palembang-disiapkan-sebagai-hafiz-alquran-2OZq7xFwZp.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

SALAH satu amalan yang imbalannya mendapat pahala berlimpah adalah menghafal Alquran. Untuk itu Dakwah Daarul Qur'an untuk melahirkan penghafal Alquran atau hafiz Alquran kian masif.

Upaya untuk mendorong dakwah menghafal Alquran itu yakni dengan mendirikan Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an serta Rumah tahfidz di berbagai wilayah di Indonesia.

Rumah tahfidz itu tak hanya mendidik anak-anak, tapi banyak juga santri yang sudah menginjak usia remaja sampai dewasa semangat menghafal Alquran di sana.

Agar dakwah ini lebih masih lagi, PPPA Daarul Qur'an Palembang bekerja sama dengan Rumah Tahanan Kelas 1 Palembang mendirikan rumah tahfidz berbasis rumah (rutan) Jumat lalu di Masjid At-Taubah Rutan Pakjo.

Peresmian Rumah Tahfidz itu dihadiri ratusan tahanan, pengurus rutan, serta tokoh masyarakat setempat. Sebelum peresmian, acara diawali dengan Tabligh Akbar bersama Ustadz Dr. Arrazy Hasyim, LC, MA dari Jakarta.

Mardan yang menjabat sebagai Kepala Rutan Kelas 1 Palembang mengungkapkan bahwa rumah tahfidz itu adalah awal perbaikan pribadi para penghuni lapas. "Mereka, tahanan ini sebelumnya diajarkan ibadah, akhlak, dan akan dikuatkan keagamaannya lewat menghafal Alquran," tuturnya lewat keterangan tertulis yang diterima Okezone pada Selasa (19/11/2019).

"PPPA Daarul Qur'an Palembang mendukung berdirinya Rumah Tahfidz Rutan dengan menghadirkan guru tahfizh serta kurikulum untuk pelaksanaan kegiatan," timpal Dwi Frihanto, Kepala Cabang PPPA Daarul Qur'an Palembang.

Untuk angkatan pertama, Rumah Tahfidz Rutan mendidik lebih dari 30 santri yang sebelumnya merupakan santri di TPA At-Taubah. Setelah menilai bacaan Alquran dan kemampuan menghafalnya, mereka direkomendasikan untuk menghafal dan menjadi santri di rumah tahfidz.

“Baik PPPA Daarul Qur'an maupun pihak rutan berharap, pasca keluar dari tahanan nanti, para tahanan akan menjadi cikal bakal hafiz Qur'an,” pungkas Dwi.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini