nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sains Dalam Alquran, Terdapat Lebih dari 200 Juta Matahari di Alam Semesta

Fadhil Khatamy, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 11:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 03 614 2137279 sains-dalam-alquran-terdapat-lebih-dari-200-juta-matahari-di-alam-semesta-k0YuLdnoCK.jpg Matahari di alam semesta (Foto: Metro)

Hadirnya matahari di muka bumi sejatinya merupakan tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Matahari sendiri merupakan benda angkasa yang menakjubkan, apalagi pencipta-Nya, pasti tak terkira kekuasaan-Nya.

 matahari

Manusia pada zaman dahulu ada yang menyembah matahari karena mengira matahari itu dewa atau tuhan. Hingga akhirnya Allah memperingatkan manusia melalui Alquran bahwa Allah lah yang harus disembah, bukan matahari.

Alquran Surat Fussilat Ayat 37

وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ ۚ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Arti: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah Yang menciptakannya, Jika Ialah yang kamu hendak sembah.

Kata khalaqahunna (menciptakannya) berakhiran huruf nun yang menunjukkan bilangan jamak. Hal itu menunjukkan bahwa matahari dan bulan (satelit) itu berbilang, masing-masing berjumlah lebih dari satu.

Inilah yang telah dibuktikan oleh sains modern. Setiap planet dalam tata surya dikelilingi oleh berbagai satelit.

Planet Saturnus yang berjarak 1.425 juta kilometer dari matahari misalnya, dikelilingi oleh 17 satelit.

Planet Mars yang berjarak 700 juta kilometer dari matahari, dikelilingi oleh 16 satelit. Begitu juga planet Uranus dikelilingi oleh 5 satelit.

Hingga kini, para astronom telah menemukan lebih dari 200 juta matahari di alam semesta. Di antaranya ada yang lebih kecil daripada matahari kita sendiri. Namun ada juga yang lebih besar daripada matahari kita di bumi.

Ukuran matahari kita mencapai 130 ribu kali lipat ukuran bumi. Adapun ukuran bintang Meira mencapai 100 kali ukuran matahari.

Akhir-akhir ini, para astronom juga telah menemukan sebuah bintang raksasa yang dinamakan Betelgeuse. Bintang Betelgeuse besarnya 100 juta kali lipat dari besar matahari.

Bintang terjauh yang sudah terpantau hingga saat ini berjarak 15 miliar tahun cahaya dari bumi. Hal ini menunjukkan besarnya alam semesta dan dengan demikian menunjukkan kebesaran Allah SWT Sang Pencipta alam semesta.

Pengetahuan ini dikutip dari buku Pintar Sains Dalam Alquran karya Dr.Nadiah Thayyarah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini