nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Penampakan Masjid Terkecil di Dunia Era Kuno

Suherni, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 14:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 09 615 2139733 begini-penampakan-masjid-terkecil-di-dunia-era-kuno-DQmi3H7U5y.jpg Masjid terkecil di dunia (Foto: About Islam)

Masjid Mir Mahmood Saheb merupakan masjid terkecil di dunia. Masjid ini bisa kamu temukan di Hyderabad, India.

Masjid Mir Mahmood Saheb ini, meskipun kecil namun memiliki arsitektur kuno yang indah.

 masjid

Dengan hanya berukuran 9,2 kaki x 12 kaki, dengan total hanya 110 kaki persegi atau 10,21 kaki persegi, masjid ini hanya mampu menampung lima orang jamaah untuk beribadah.

Oleh karena itulah mengapa Masjid Mir Mahmood Saheb disebut sebagai masjid terkecil di dunia.

Masjid ini lokasinya bertengger di atas bukit yang indah di tepi tangki Mir Alam, permata tersembunyi ini dinamai menurut nama sufi yang datang dari Irak pada masa pemerintahan Abdullah Qutb Shah, pada abad ke-16.

Masjid yang dibangun di atas batu dengan hanya satu lengkungan dan dua menara, sangat kecil, sehingga tidak lebih dari lima orang dapat salat di dalamnya pada saat yang sama.

Masjid mini ini diyakini telah dibangun pada awal abad ke-16 ketika jalur pantai Andhra, termasuk Kondapalli dan benteng lainnya, dianeksasi oleh Sultan Quli dari dinasti Qutb Shahi pada tahun 1530 Masehi.

Mungkin masjid terkecil ini dulu pernah digunakan untuk sering beribadah. Namun seiring berjalannya waktu, salat di masjid ini sudah jarang dilakukan. Bahkan kalau salat pun tidak dilaksanakan sehari lima kali di masjid ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini