nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wamenag: Hadapi Tantangan Beragam, Butuh Kerja Sama Erat Negara-Negara Islam

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 14:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 13 614 2141541 wamenag-hadapi-tantangan-beragam-butuh-kerja-sama-erat-negara-negara-islam-IITdfqW54a.jpg Perlu kerja sama negara-negara Islam (Foto: Kemenag)

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid menghadiri sidang Wakaf dan Urusan Islam Ke-12 yang diselenggarakan di Amman Yordania kemarin.

Wamenag Zainut Tauhid mengatakan, saat ini tantangan yang dihadapi umat Islam di seluruh dunia sangat beragam. Tantangan yang dihadapi bersifat internal maupun eksternal, antara lain ancaman ekstremisme dan terorisme, juga fenomena islamofobia.

 Wamenag Zainut

"Guna menghadapi berbagai tantangan tersebut perlu kerja sama yang erat antara negara-negara Islam," ujar Wamenag Zainut Tauhid, Jumat (13/12/2019)>

Indonesia, terang dia, mendukung penuh setiap upaya dan inisiatif untuk mencari solusi bagi semua yang persoalan yang dihadapi. Di antaranya mulai dari persoalan ekstremisme dan radikalisme, pembaruan wacana keagamaan, pengelolaan wakaf, masjid, dan managemen dakwah dalam menghadapi tantangan global.

"Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo sangat serius dalam upaya penanggulangan ancaman radikalisme dan ekstremisme serta berkomitmen meneguhkan moderasi beragama," ujar Wamenag Zainut Tauhid.

Dalam menghadapi semua masalah tersebut, peran ulama melalui Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga ikut serta dalam menghadapi dan menuntaskan persoalan-persoalan yang mengancam umat Islam di dunia.

Dalam sidang Wakaf dan Urusan Islam Ke-12 yang diselenggarakan di Amman Yordania kemarin hadir pula Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Muchlis M Hanafi, Menteri Wakaf Mesir, Dr. Mukhtar Gomoa, Menteri Agama Pakistan dan Gambia, Dirjen Urusan Islam Kuwait dan Dirjen Urusan Wakaf Maroko.

Sidang dipimpin oleh Ketua Badan Eksekutif sekaligus Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Kerajaan Arab Saudi, Dr. Abdul Lathif Abdul Al-Aziz Alu Syeikh, dan tuan rumah, Menteri Wakaf, Urusan Islam dan Tempat-Tempat Suci, Dr. Muhammad Ahmad Khalayilah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini