Wamenag Zainut: Jangan Emosi Soal Larangan Cadar dan Celana Cingkrang

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 04 November 2019 07:20 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 04 614 2125342 wamenag-zainut-jangan-emosi-soal-larangan-cadar-dan-celana-cingkrang-My75q7gmXy.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

ISU tentang celana cingkrang dan niqab menjadi perhatian khusus di berbagai kalangan karena hendak dilarang dipakai oleh aparatur sipil negara (ASN). Untuk itu Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi mengimbau semua pihak bersikap dewasa dalam menyikapinya.

Seperti rilis resmi yang diterima Okezone, Zainut Tauhid menyampaikan adanya aturan dan batasan mengenakan cadar dan celana cingkrang. Menurutnya semua pihak tidak perlu emosi menyikapi batasan tersebut.

 

Ilustrasi. Foto: Istimewa

"Semua pihak hendaknya dewasa dalam menyikapi pernyataan Menteri Agama (Fachrul Razi) khususnya terkait dengan penggunaan cadar dan celana cingkrang oleh ASN, karena hal tersebut hanya sebatas untuk penertiban dan penegakan disiplin pegawai dilingkungan Kementerian Agama. Sehingga tidak perlu ditanggapi secara emosional, berlebihan, dan penuh dengan kecurigaan," katanya.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Zainut Tauhid menambahkan bahwa tindakan tersebut masih dianggap wajar. Terlebih ini merupakan bagian dari aturan yang telah diterapkan oleh pemerintah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Hal ini juga tidak berkaitan dengan hak privasi seseorang apalagi memperhadapkan dengan kebebasan dalam melaksanakan ajaran agama. Sebab dalam peraturan tersebut tidak ada kaitannya dengan ajaran atau hukum-hukum agama.

"Karena dalam penertiban dan penegakan disiplin tersebut dipastikan tidak ada satu pun ajaran agama, hak privasi atau hak asasi seseorang dalam menjalankan ajaran agama yang dilanggar," ucap Zainut Tauhid.

"Semuanya masih dalam koridor ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang ada," tambahnya.

Selain itu, kata Zainut, terpenting adalah ketentuan seragam tentang tata cara berpakaian untuk ASN, Polisi, TNI, semua sudah ada dan tetap mengindahkan nilai-nilai etika, estetika dan tidak bertentangan dengan ajaran agama. Sehingga ketentuan tersebut harus ditaati dan diindahkan oleh semua.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya