nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Mualaf, Bule Prancis Masuk Islam Usai Curhat ke Habib Umar bin Thaha

Selasa 17 Desember 2019 14:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 17 614 2142944 kisah-mualaf-bule-prancis-masuk-islam-usai-curhat-ke-habib-umar-bin-thaha-LQ8LOvNv8o.jpg Ilustrasi pria mendapat hidayah (Foto: The Circle)

Habib Umar bin Thaha bin Yahya Indramayu merupakan Habib yang sangat cerdas. Ia menguasai 47 bahasa dengan sangat baik. Ia juga buyut Habib Lutfi bin Yahya yang saat ini menjadi anggota Watimpres.

Terkenal dengan tingginya akhlak dan ilmunya, suatu ketika ada bule Prancis mencari Habib Umar bin Thaha untuk menanyakan permasalahan yang menimpa hidupnya. Kala itu sesungguhnya Habib Umar sedang berada di pekarangan rumahnya.

 Habib berakhlak mulia

Namun penampilan Habib Umar saat itu memang sangat santai, tak menampakkan seorang ulama besar. Apalagi Habib Umar badannya gagah, ganteng, dan berkulit putih bersih seperti bule, membuat si bule Prancis tak sadar kalau yang ia temui adalah Habib Umar.

Usai mempersilakan bule Prancis itu masuk ke dalam rumahnya. Habib Umar pun masuk ke kamarnya untuk berganti pakaian. Lalu beliau keluar dari kamar untuk kembali menemui tamunya.

Spontan si bule Prancis tersebut terkejut karena orang yang tadi mempersilakannya masuk yang dikiranya juga bule, ternyata adalah Habib Umar sendiri.

Lalu dimulailah percakapan oleh tamu tersebut dengan Habib Umar ditemani oleh seorang penerjemah. Habib Umar menyimak dengan baik apa yang disampaikan oleh tamu dan penerjamahnya tersebut.

Sebelum semuanya disampaikan, Habib Umar sejatinya sudah tahu maksud dan inti yang disampaikan karena Habib Umar memang menguasai 47 bahasa dengan sangat baik, termasuk Bahasa Prancis.

Namun karena memang sifat Habib Umar yang sangat menghargai ketidakpahaman tamunya sehingga beliau menyimak dengan sangat baik apa-apa yang disampaikannya. Sungguh hal ini menunjukan akhlak luhur nan mulia.

Akhlak yang diajarkan oleh datuknya Baginda Nabi SAW. Serta hal ini menunjukkan kealiman Habib Umar akan ilmunya dan mengamalkannya.

Lalu Habib Umar meminta izin dan menyampaikan kepada penerjemah untuk diperkenankan bertanya kepada bule Prancis tersebut langsung dengan bahasa Prancis. Habib Umar bertanya, yang artinya, “Apa benar ada sesuatu yang ingin disampaikan empat mata denganku?”

Sekali lagi, bule Prancis tersebut pun kaget, karena mengira Habib Umar tidak memahami Bahasa Prancis. Kemudian Habib Umar meminta dengan sangat hormat kepada penerjemaah tersebut menunggu di teras.

Lalu dimulailah percakapan antara Habib Umar dengan bule Prancis tersebut. Usai bule Prancis itu curhat kepada sang habib, akhirnya Habib Umar menyampaikan saran, pendapat dan pandangannya atas masalah tersebut.

Beliau meminta bule Prancis tersebut untuk mengikuti nasihat Habib Umar saat kembali ke Perancis. Rupanya ia mendengarkan semua nasihat Habib Umar yang mengikuti semua saran beliau. Akhirnya dengan izin Allah SWT, dengan mudahnya masalah-masalah yang memberatkan si bule Prancis itu dapat diselesaikan dengan baik.

Si bule Prancis sangat bersyukur masalah yang menimpanya telah selesai berkat nasihat Habib Umar. Sebagai rasa syukurnya, ia mengajak keluarganya di Prancis untuk datang ke Indonesia agar bertemu Habib Umar bin Thaha di Indramayu.

Atas berkat rahmat dan hidayah Allah SWT, akhirnya ketika bertemu Habib Umar, si bule Prancis dan keluarganya mengucapkan dua kalimat syahadat di depan Habib Umar bin Thaha. Mereka sekeluarga memutuskan menjadi mualaf, masuk Islam dengan penuh keyakinan.

Inilah kisah perjalanan si bule Prancis yang mendapat hidayah Islam usai bertemu dengan Habib Umar yang berakhlak mulia.

Seperti dilansir dari Muslim Moderat, kisah ini diceritakan dalam Haul Habib Umar bin Thaha Bin Yahya Ke-136. Semoga kisah ini bisa menjadi pengetahuan kita semua.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini