nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Pria Sobek Alquran, MUI: Jangan Terpancing

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 15:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 20 614 2144261 viral-pria-sobek-alquran-mui-jangan-terpancing-0GtfhUH2mH.jpg Wamenag Zainut Tauhid. Foto: Kemenag

INSIDEN pria menyobek Alquran yang diduga terjadi di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, viral di media sosial. Kabar ini pun sampai ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menyikapi kejadian itu, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Za’adi mengatakan, pelaku adalah seseorang yang benci Alquran, sehingga berupaya memancing kemarahan umat.

“Yang pasti pelakunya punya niat jahat, apakah karena benci kepada Alquran yang menjadi kitab suci umat Islam atau ada motif lain. Seperti ingin memancing kemarahan umat Islam atau ingin mengadu domba dengan umat agama lain,” ujarnya.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

“Patut diduga ada tangan-tangan jahil yang sengaja ingin menciptakan konflik antar-umat beragama di Indonesia. Kami meminta agar Polri selaku institusi penegak hukum untuk bergerak cepat,” katanya.

Zainut meminta masyarakat untuk tidak terpancing dan menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus ini kepada polisi.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap tenang dan tidak terpancing dalam menyikapi masalah ini. Meminta seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan menyerahkan kasus ini kepada pihak yang berwenang," ucapnya.

“Modus kejahatan seperti ini sudah sering terjadi. Pada bulan Mei 2018 tahun lalu, insiden perobekan Alquran juga pernah terjadi di Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan. Sehingga saya yakin masyarakat Indonesia tidak mudah percaya dan terprovokasi dengan kejadian tersebut,” tambahnya.

Sebelumnya akun Youtube Jaman Viral mengunggah video pria diduga menyobek-nyobek Alquran. Rekaman berjudul “Viral!!! Al Quran Disobek - Sobek di Tasikmalaya” itu dunggah pada 19 Desember 2019.

Video itu juga disertai keterangan tertulis, yakni “Aksi penyobekan kitab suci Al Qur'an di Tasikmalaya bikin geger. Polisi berhasil menangkap pelaku. Aksi penyobekan itu diketahui melalui video yang viral di media sosial (medsos) pada Kamis”.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini