Peduli Lingkungan, Negara-Negara Muslim Diminta Lahirkan Lebih Banyak Greta Thunberg

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 20 614 2144332 peduli-lingkungan-negara-negara-muslim-diminta-lahirkan-lebih-banyak-greta-thunberg-Kml1Hafarr.jpg Greta Thunberg aktivis lingkungan (Foto: Hurriyet Daily News)

Menteri Pendidikan Malaysia Maszlee Malik mengatakan, negara-negara muslim perlu mereformasi sistem pendidikan mereka. Menurutnya, generasi muda perlu lebih mencintai lingkungan.

Ia menggambar Greta Thunberg, aktivis lingkungan Swedia berusia 16 tahun yang baru-baru ini jadi Person of the Year Majalah Time. Baginya ia bisa dijadikan panutan generasi muda.

“Kita memiliki Greta Thunberg, yang berusia 16 tahun, yang sangat peduli dengan masalah lingkungan. Kita harus mendapat anak-anak seperti Greta dari dunia muslim. Kita perlu memperluas pendidikan,” kata Maszlee saat KL Summit 2019, Jumat (20/12/2019).

 gletser mencair akibat pemanasan global

Seprti dilansir dari FMT News, Maszlee mengatakan sistem pendidikan harus memiliki unsur-unsur kemanusiaan, sehingga menghasilkan individu yang peduli dengan masalah masyarakat dan dapat memecahkan masalah sosial dan lingkungan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Menurut Maszlee, perlu reformasi dan kebangkitan dalam sistem pendidikan di negara-negara muslim. Perlu reformasi dan kebangkitan.

"Ini saatnya kebangkitan, dilakukan dengan memperkuat sesuatu yang lemah, memperbaiki sesuatu yang sudah tua, dan menambal sesuatu yang retak," kata Maszlee.

Maszlee menjelaskan, di antara reformasi dalam sistem pendidikan adalah memberikan lebih banyak ruang untuk berpikir daripada belajar.

Menurutnya, sistem pendidikan harus menghasilkan anak-anak yang dapat berpikir dan mampu melakukan berbagai penemuan ilmiah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya