Muncul Busana Syari Ramah Lingkungan, Ini Penampakannya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 22 617 2133329 muncul-busana-syari-ramah-lingkungan-ini-penampakannya-01HVUP9vqD.jpg Busana syari ramah lingkungan (Foto: Sukardi/Okezone)

Kampanye fashion ramah lingkungan semakin marak di seluruh dunia. Bahkan busana syari ramah lingkungan juga mulai bermunculan.

Di Indonesia sendiri, brand modest Shafira menciptakan koleksi busana syari ramah lingkungan. Hal ini dilakukan untuk berkontribusi pada pencegahan perubahan iklim yang disebabkan oleh industri fashion.

Lalu, seperti apa busana ramah lingkungan untuk para ukhti ini?

 Gaya hijab

Diterangkan Founder Shafira Corporation Fenny Mustafa, koleksi ramah lingkungan ini tidak hanya ada di pemilihan materialnya, tetapi juga ada di proses produksinya.

Untuk materialnya terbuat dari serat alam, seperti organic silk dan tenceltm. Material ini merupakan bahan alami yang terbuat dari kayu bersertifikat khusus dan ramah lingkungan.

"Produk pakaian yang mengandung serat tenceltm memiliki tekstur kain yang lembut, ringan, dan breathable sehingga cocok dengan iklim tropis Indonesia," terang Fenny pada Okezone, beberapa waktu lalu.

Selain bertekstur lembut, material yang terbuat dari bahan alami ini juga memiliki daya serap yang tinggi, sehingga membuat penggunanya tetap nyaman dan mencegah munculnya bakteri.

Berasal dari bahan alami, sambung Fenny, sifat dari busana ini ialah biodegradable sehingga dapat sepenuhnya kembali ke alam.

Koleksi ramah lingkungan ini sebelumnya telah ditampilkan pertama kali di Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019.

Dalam momen tersebut, diluncurkan koleksi dengan tema fashion show bertajuk Raison d'Etre. Koleksi tersebut merefleksikan eksistesi dan kontribusi industri modest fashion Indonesia yang ramah lingkungan.

Jika dilihat lebih detil, koleksi untuk ukhti ini didominasi palet warna cream, tan, beige, hijau hingga biru yang terinspirasi dari komposisi warna tanah dan juga bumi sebagai representasi unsur alam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dituangkan dalam berbagai material berserat natural, polesan warna-warna cantik ini juga ditampilkan dalam motif yang indah. Motif tersebut dibuat melalui teknik organic printing untuk menyajikan sebuah suguhan koleksi busana pret-a-porter yang berasal dari material organik baik dari penggunaan bahan maupun pada proses produksinya.

 Gaya hijab

Pihaknya, lanjut Fenny, mengeluarkan koleksi syari yang unik. Koleksi tersebut merefleksikan sustainable fashion yang sekarang ini sedang masif dikampanyekan.

"Jadi, koleksi ini terbuat dari material bahan sisa yang kami sulap menjadi pakaian dengan looks yang tetap elegan. Aksen patch-work yang kuat menjadi bentuk representatif dari busana ramah lingkungan itu sendiri," tambah Fenny.

Menurut Fenny, untuk semakin memaksimalkan kampanye ramah lingkungan, pihaknya telah menghilangkan kantung plastik sebagai pembungkus koleksi di butik. Kantung tersebut diganti dengan tas bahan yang ramah lingkungan.

Tidak hanya itu, proses produksi juga dilakukan dengan cara ramah lingkungan. Hal itu bisa dilihat dari tidak adanya lagi penggunaan kertas, mulai dari proses pembuatan desain hingga komunikasi produk.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya