nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Wisata Halal Terbaik di Indonesia, Nomor 2 Terbaik di Dunia

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 21 Desember 2019 16:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 21 615 2144635 3-wisata-halal-terbaik-di-indonesia-nomor-2-terbaik-di-dunia-6pHMmNqC4u.jpg Indahnya alam Banyuwangi (Foto: Inst)

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan memesona. Salah satu yang menarik adalah wisata halal. Para traveler muslim dari berbagai daerah hingga mancanegara tak perlu ragu karena sebagian besar wilayah di Indonesia ramah terhadap wisatawan muslim.

Konsep wisata halal ini sangat aman bagi umat Islam karena tidak akan ada pesta alkohol. Lalu hotelnya berbasis syariah, tersedianya minuman dan makanan halal hingga mudah menemukan masjid atau musala.

Namun wisata halal di sini tentunya tidak hanya untuk wisatawan muslim saja. Wisatawan maupun traveler dari berbagai ras, agama, suku, negara berhak ikut menikmati wisata halal.

Nah, berikut ini Okezone rangkum empat wisata halal di Indonesia yang bisa dikunjungi. Di mana saja?

1. Banyuwangi

 Pulau Santen

Kawasan Banyuwangi, Jawa Timur memang dikenal dengan keindahan alamnya yang masih 'perawan'. Salah satunya adalah Pulau Santen, yaitu salah satu objek wisata yang menerapkan aturan syariah.

Pulau Santen ini bisa dikatakan sebagai destinasi wisata halal pertama di Banyuwangi. Pulau dengan panorama yang indah ini menghadirkan deretan restoran dengan berbagai sajian kuliner halal.

Pantai di pulau tersebut juga dihias dengan nuansa ala kawasan Seminyak, Bali. Sangat indah bukan. Di sana traveler bisa bersantai menikmati sejuknya angin pantai sembari duduk di bawah payung warna-warni untuk melindungi diri dari teriknya mentari.

Namun meski mengusung halal tourism, pulau ini juga bisa dikunjungi oleh wisatawan non-muslim. Jadi jangan takut ya, main ke sana yuk!

2. Lombok

 Rinjani

Lombok dikenal sebagai destinasi wisata halal. Hal ini tak lepas dari mayoritas penduduk Lombok yang beragam Islam serta keindahan alam Lombok yang menakjubkan.

Lombok menempati posisi teratas dari 10 destinasi halal di Indonesia. Dan saat ini ditetapkan sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019 oleh Lembaga pemeringkat Mastercard-Crescent Rating.

Wilayah di Nusa Tenggara Barat ini dikenal dengan pantainya, taman bawah laut hingga pemandangan Gunung Rinjani yang indah.

3. Aceh

 mie aceh

Selanjutnya adalah Aceh. Wilayah ini memang identik dengan masyarakatnya yang agamis. Pastinya daerah tersebut diberi predikat sebagai wisata halal.

Selain itu, wilayah yang dijuluki Serambi Makkah ini juga menyabet penghargaan sebagai wisata halal terbaik seperti Lombok.

Di Aceh sudah tentu Anda akan menemukan makanan dan minuman halal. Masjid mudah ditemui, serta tata krama dan budaya religiusnya yang menobatkan bahwa Aceh layak menjadi wisata halal terbaik di Indonesia. Salah satu kulinernya yang sangat lezat adalah mie aceh kepiting yang biasa disajikan dalam bentuk digoreng maupun direbus. Kalau kamu traveling ke Aceh jangan lupa mencobanya ya, rasanya lezat sekali dengan mienya yang empuk dan kuah kentalnya penuh rempah!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini