nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pernah Diterjang Tsunami Aceh 2004, Pria Ini Bersyukur Masih Diberi Hidup

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 Desember 2019 10:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 27 614 2146511 pernah-diterjang-tsunami-aceh-2004-pria-ini-bersyukur-masih-diberi-hidup-QTN2TyUHGq.jpg Bencana tsunami di Aceh (Foto: Okezone)

Sudah 15 tahun berlalu namun memori tentang Tsunami Aceh 2004 tak akan pernah hilang dalam sejarah bangsa Indonesia. Duka mendalam bagi seluruh dunia karena bencana tersebut tercatat sebagai bencana tsunami terdahsyat di abad 21.

Tsunami Aceh menelan korban 200 ribu jiwa. Banyak orang yang kehilangan keluarga, tempat tinggal, dan kehidupannya. Namun, kini Aceh berbenah dan terus berusaha untuk bangkit dari keterpurukan 15 tahun silam.

 Almuniza

Dalam upaya bangkit itu, seorang korban tsunami Aceh, Almuniza Kamal membagikan kisahnya yang luar biasa. Mulai dari bagaimana ia berusaha untuk tetap hidup meski tubuhnya hanyut dalam arus gelombang tsunami hingga pertemuan ia dengan kakek bersorban putih sebelum bencana tersebut datang.

Di sisi lain, pria yang kerap disapa Al itu pun menerangkan bahwa ada hikmah kehidupan yang ia petik dari bencana tsunami Aceh tersebut. Pelajaran hidup tersebut ia dapatkan setelah dirinya hampir tak berdaya diterjang arus.

Pelajaran hidup itu ia amini sampai sekarang dan menjadi penguat keimanan ia pada Allah SWT yang masih memberinya kesempatan untuk hidup. Ia bersyukur karena Allah masih menyelamatkannya.

Lantas, apa hikmah yang didapat Al setelah melewati bencana dahsyat 15 tahun silam itu?

Hikmah pertama yang ia dapat adalah begitu besar pahala kebaikan dari menjalin silaturahmi. Ya, menjaga silaturahmi dengan keluarga dan sahabat-sahabat baginya sangat penting sekarang.

Pesan ini ia dapat karena pengalamannya sendiri saat sedang dalam perjalanan menjenguk sahabatnya yang sakit.

"Dengan menjaga tali silaturahmi, Allah akan memberi kita umur yang berkah dan bukan semata-mata umur panjang, tapi dapat hidup dan berguna bagi orang lain," ungkapnya pada Okezone saat ditemui di Galeri Indonesia Kaya Grand Indonesia, Jakarta, kemarin.

Selain itu, hikmah kedua yang ia terima adalah bersedekahlah pada sesama. Baginya, dengan bersedekah, Allah SWT akan memberikan umur panjang dan ini harus dimanfaatkan untuk hal baik dan tentunya terus mempertebal keimanan kita sebagai muslim pada Allah SWT.

"Ya, dengan bersedekah, Allah SWT akan memberikan kita umur yang panjang dan memberi kita rezeki kebaikan di sepanjang umur kita," terangnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini