Kemenag ke Alumni Petugas Haji: Yuk Peduli Korban Banjir!

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 06 614 2149788 kemenag-ke-alumni-petugas-haji-yuk-peduli-korban-banjir-d3ItEnPvVt.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

CURAH hujan yang tinggi pada awal 2020 membuat sejumlah wilayah di Indonesia terkena banjir, contohnya yaitu Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Ribuan orang pun menjadi korban bencana alam tersebut.

Menyikapi hal itu, Direktur Bina Haji Khoirizi Kementerian Agama (Kemenag) Khoirizi H Dasir mengimbau alumni petugas haji untuk peduli terhadap korban banjir.

"Bencana sudah berlalu, alam sudah mengingatkan kita semua. Seandainya Allah SWT mau, Dia tidak perlu bantuan, tapi Allah melihat kepedulian mahluknya dalam menghadapi musibah ini," ujarnya sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenag pada Senin (6/1/2020).

Banjir Jakarta. Foto: dok,Okezone

Lebih lanjut, Khoirizi menyampaikan bahwa setiap tahunnya Indonesia memberangkatkan sekitar empat ribuan petugas haji ke Tanah Suci. Ia berharap, para petugas yang telah diberangkatkan itu juga memberikan dampak kepada masyarakat sepulangnya dari bertugas di Tanah Suci.

Menurutnya, ada dua tugas dan fungsi petugas haji yang harus dilakukan sepanjang hayat. Pertama, melakukan pembinaan, pelayanan, perlindungan, ketahanan dan kemandirian jamaah haji dalam rangka sukses haji setiap tahun.

Kedua, berperan serta dalam memperkuat saleh pribadi dan saleh sosial dengan melakukan dakwah, pendidikan, dan amal sosial.

Kepedulian untuk menyampaikan bantuan bagi penyintas musibah banjir merupakan salah satu wujudnya. "Yuk kita peduli, sekecil apapun yang kita beri, Allah SWT pasti mencatatnya sebagai pahala. Aamiin," ucap Khoirizi.

Di tempat terpisah, Ketua Umum Pengurus Besae Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) Affan Rangkuti menyampaikan, dirinya telah menginstruksikan jajaran pimpinan wilayah FKAPHI untuk bergerak mengatasi musibah banjir ini.

Pengurus Wilayah FKAPHI Provinsi Banten misalnya, pada Minggu 5 Januari 2020 menurut Affan, akan menyampaikan bantuan langsung kepada masyarakat di Lebak yang terkena musibah banjir. "Ini langsung dikabarkan Ketua Wilayah FKAPHI Banten H Deni Rusli," tuturnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini