Meninggal karena Sakit Menahun, Ria Irawan Termasuk Syahid?

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 06 614 2149843 meninggal-karena-sakit-menahun-ria-irawan-termasuk-syahid-SRfaUVfd8z.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

SETELAH berjuang selama bertahun-tahun melawan penyakit kanker kelenjar getah bening yang diidapnya, Artis Ria Irawan dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta pada Senin (6/1/2010) sekira pukul 04.00 WIB. Lalu apakah orang yang meninggal dalam keadaan sakit seperti itu merupakan syahid?

Ketua Komunitas Dai Daiah Indonesia Ustadz Mahfud Said mengatakan, jika seseorang sakit lalu sabar menjalaninya, kemudian ia meninggal, maka itu dikategorikan syahid dan tempatnya adalah surga.

"Meninggalnya orang yang sakit dan sabar itu diampuni segala hilap, dan mendapatkan surga, dan mati dalam keadaan syahid," ujarnya kepada Okezone, Senin (6/1/2020).

Mahfud memaparkan, dijelaskan dalam kitab hadist Arba'in Al Buldaniyah (Kitab 40 Hadis dari 40 Ulama Dunia) yang disusun olah ulama asal Indonesia, yaitu Syekh Muhammad Yasin bin Isa Al Padani:

عن أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " إِنَّ فِي الْجَنَّةِ لَغُرَفًا لَيْسَ لَهَا مَعَالِيقُ مِنْ فَوْقِهَا وَلا عِمَادٌ مِنْ تَحْتِهَا " ، قِيلَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، وَكَيْفَ يَدْخُلُهَا أَهْلُهَا ؟ قَالَ : يَدْخُلُونَهَا أَشْبَاهَ الطَّيْرِ ، قِيلَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ لِمَنْ هِيَ ؟ قَالَ : " لأَهْلِ الأَسْقَامِ وَالأَوْجَاعِ وَالْبَلْوَى " .

Artinya: "Diriwayatkan dari Anas bin Malik rodiyaAllohu anhuma ia berkata, Rasulullah bersabda, di dalam surga ada istana yang tidak memiliki atap dan tiang, dan Sahabat bertanya, ya Rasulullah bagaimana penghuninya memasuki istana tersebut? Nabi menjawab, mereka memasukinya seperti burung, kemudian sahabat bertanya lagi, siapakah mereka ya Rasulullah? Nabi menjawab, mereka adalah orang-orang yang sakit, orang-orang yang dalam kesulitan dan kekurangan, dan orang-orang yang terkena musibah bencana".

Sebelumnya dikabarkan bahwa sebelum meninggal, Ria Irawan melawan kanker kelenjar getah bening selama sekira 10 tahun dan sempat dinyatakan sembuh.

Kanker kelenjar getah bening sendiri adalah penyakit yang sangat mematikan dan menjadi momok yang menakutkan. Penyakit itu sangat ganas karena menyerang sistem limfatik.

Limfatik itu sendiri adalah jaringan dan organ yang terdiri dari pembuluh getah bening, kelenjar getah bening, dan kelenjar getah, dimana amandel, kelenjar gondok, limpa termasuk di dalamnya.

Sistem limfatik merupakan bagian penting dalam membentuk pertahanan tubuh dalam menyaring segala keberadaan virus ataupun infeksi di tubuh manusia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini