Tingkatkan Daya Saing, Menag Fachrul Razi Minta Siswa Madrasah Belajar Bahasa Asing

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 614 2150699 tingkatkan-daya-saing-menag-fachrul-razi-minta-siswa-madrasah-belajar-bahasa-asing-Ma7FAqJxC2.jpg Menag Fachrul Razi (Foto: Novie/ Okezone)

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan, bahasa asing seperti bahasa Mandarin akan menjadi pelajaran tambahan di madrasah-madrasah.

Menag Fachrul Razi menjelaskan, perlunya tambahan bahasa asing supaya lulusan madrasah seperti aliyah dapat bersaing di dunia kerja. Tujuan penambahan bahasa asing ini agar lulusan madrasah keterampilannya bertambah.

 siswa madrasah

"Oh iya, itu tambahan ekstra pelajaran. Kami ingin supaya tamatan Madrasah Aliyah mampu bersaing dengan tamatan umum untuk mendapatkan pekerjaan," katanya di Kantor Majelis Ulama Indonesia, Rabu (8/1/2020).

Lebih lanjut Menag Fachrul Razi mengatakan, Kementerian Agama mengharapkan supaya lulusan madrasah tidak hanya menguasai ilmu agama saja. Melainkan keahlian lainnya seperti bahasa Mandarin.

"Jadi jangan sampai mereka (red. lulusan madrasah), mohon maaf, ilmu agamamya saja tinggi. Tapi enggak bisa berbahasa asing untuk bekerja," ujar Menag Fachrul Razi.

Oleh karena itu, Menag Fachrul Razi berharap lulusan madrasah dapat bersaing di luar khususnya mempelajari dan menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Arab, dan Mandarin. Apalagi beberapa tempat sudah menjalankan program tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu, Direktur Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan Madrasah Ahmad Umar mengatakan, tambahan bahasa Mandarin itu untuk meningkatkan daya saing.

"Untuk meningkatkn daya saing kami menyiapkan tiga hal. salah satunya bahasa asing. Pemilihan bahasa asing sesuai keinginan siswa dan siswi madrasah sendiri," katanya.

Selain Mandarin, bahasa asing tambahan pelajaran dan pilihan lainnya adalah bahasa Jerman, Prancis, Inggris.

"Kalau anak-anak mau ke Jerman maka belajar bahasa Jerman, kalau mau ke Jepang belajar bahasa Jepang. Anak-anak kita sudah banyak yang ke Jerman, Jepang, Australia, Amerika. Intinya, untuk meningkatkan daya saing madrasah," pungkas Ahmad Umar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya