Muslim Amerika Lawan Islamofobia dengan Dakwah dan Pizza

Kamis 09 Januari 2020 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 09 614 2150972 muslim-amerika-lawan-islamofobia-dengan-dakwah-dan-pizza-WqdY8E3p7r.jpg Muslim Amerika melawan islamofobia dengan cara damai (Foto: About Islam)

Sebuah papan iklan anti-Islam di dekat Georgia State University (GSU) viral di media sosial akhir-akhir ini. Sebab banyak muslim Amerika yang menilai papan iklan anti-Islam sebagai ujaran kebencian.

Papan iklan itu juga dinilai sebagai bentuk serangan islamofobia kepada muslim Amerika. Papan iklan itu berbunyi, "Tak bertuhan, tak kenal takut, mantan muslim.” Papan semacam itu pernah ada di Atlanta, Chicago, dan Houston.

 papan iklan islamofobia

"Bukankah ini bentuk ujaran kebencian?" kata Adeel M Syed di sebuah grup Facebook muslim di Atlanta, Georgia.

"Saya melihat papan iklan ini di pusat kota beberapa bulan yang lalu. Sangat mengganggu melihatnya dan saya bertanya-tanya siapa yang memasang iklan ini," ujar Serene Hawasli berkomentar di unggahan Facebook CAIR, Georgia tentang papan iklan islamofobia.

Council of American Islamic Relations (CAIR) cabang Georgia berjanji memberikan respons produktif dan positif menyusul terjadinya gelombang kemarahan di media sosial akibat papan iklan anti-Islam tersebut.

Wakil Presiden Asosiasi Pelajar Muslim (MSA) di Georgia State University (GSU), Abdulrahman Abdulqadri mengatakan, ia sangat sedih dengan adanya papan iklan islamofobia tersebut. Ia menekankan pentingnya dakwah di sekitar kampus untuk memperbaiki citra Islam di kalangan mahasiswa non-muslim.

Menurut Abdulqadri, GSU memiliki sekitar 400 siswa muslim yang belajar di kampus utamanya. Badan mahasiswa di GSU merupakan yang paling beragam di AS dengan siswa dari 49 negara bagian dan lebih dari 160 negara dan wilayah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Siswi berhijab, terang Abdulqadri, umum terlihat di dalam dan sekitar kampus. Sedangkan siswi yang memakai cadar sesekali juga terlihat di sekitar kampus.

Seperti dilansir dari About Islam, Kamis (9/1/2019), Georgia merupakan salah satu wilayah di Amerika yang menampung salah satu komunitas muslim terbesar di AS. Di sana terdapat lebih dari 70 masjid, sebagian besar berada di sekitar Metro Atlanta.

Melawan islamofobia dengan dakwah dan pizza

Terdapat cara untuk melawan islamofobia yakni dengan dakwah dan berbuat baik.

“Cara utama MSA menangani Islamofobia adalah melakukan dakwah di student center. Kami juga menawarkan pizza kepada mereka yang datang dan berdiskusi dengan kami tentang Islam. MSA berusaha sebaik mungkin untuk menjawab pertanyaan yang mereka,” ujar Abdulqadri.

Di sisi lain, ada ruang untuk dawah sebagai cara untuk melawan kebencian terhadap Muslim di AS.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya