nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sains dalam Alquran, Gelombang di Dasar Laut yang Gelap

Ibrahim Al Kholil, Jurnalis · Senin 13 Januari 2020 05:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 13 614 2152139 sains-dalam-alquran-gelombang-di-dasar-laut-yang-gelap-7239xj8N1p.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

ALLAH berfirman, "Atau (keadaan orang-orang kafir) seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh gelombang demi gelombang, di atasnya ada (lagi) awan gelap. Itulah gelap gulita yang berlapis-lapis. Apabila dia mengeluarkan tangannya, dia hampir tidak dapat melihatnya. Barang siapa tidak diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah, maka dia tidak mempunyai cahaya sedikit pun." (An-Nur: 40).

Para penafsir ayat ini mengatakan ada gelombang yang sangat dahsyat di dasar laut yang gelap. Gelombang di dasar laut itu tidak terdapat di semua laut, melainkan hanya di laut yang sangat dalam yang cuacanya diliputi oleh awan-awan tebal yang mencegah masuknya sinar matahari ke laut.

Jadi, kegelapan laut dalam, kegelapan gelombang yang menutupi laut, kegelapan gelombang di permukaan laut, dan kegelapan awan mendung yang menutupi sinar matahari merupakan perumpamaan atas keadaan orang kafir yang berkukuh dengan kekufurannya. Itulah gambaran yang diberikan Allah kepadanya.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Fakta Ilmiah

1. Para ilmuwan telah menemukan bahwa lautan dan samudra ditutupi oleh tumpukan awan tebal yang menghalangi masuknya sebagian besar cahaya matahari.

2. Air laut menyedot spektrum warna cahaya secara perlahan-lahan sesuai dengan kedalaman air. Semakin dalam, semakin banyak spektrum warna yang disedot oleh air laut. Maka terjadilah kegelapan di dalam laut. Dan, laut akan semakin gelap setelah kedalaman 100 meter sehingga manusia takkan bisa melihat tangannya sendiri.

3. Ilmu kelautan modern telah menemukan adanya gelombang yang sangat kuat di dasar laut.

4. Para ilmuwan dapat menyaksikan bahwa pada kedalaman sekitar 600–2.700 meter, ikan-ikan di laut menggunakan anggota tubuhnya yang bercahaya untuk menangkap mangsa dalam kegelapan.

Tafsir Ilmiah

Pada paruh kedua abad ke-20, para ilmuwan kelautan modern berhasil menyingkap misteri yang menakjubkan di lautan dalam. Di sini kita hanya akan menyebutkan dua saja di antara fenomena-fenomena itu, yaitu kegelapan lautan dalam dan arus gelombang dalam.

Demikian dikutip dari Buku Pintar Sains Dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, halaman 540-542, karya Dr.Nadiah Thayyarah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini