Kejadian di Sekitar Merupakan Petunjuk Allah SWT, Ini Penjelasannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 16 330 2153537 kejadian-di-sekitar-merupakan-petunjuk-allah-swt-ini-penjelasannya-0Sup1y8pAw.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

DAI Kondang Ustadz Dhanu mengatakan, bahwa Allah kerap memberikan petunjuk atau hidayah lewat beberapa teguran. Ia juga menjelaskan bahwa semua yang ada di sekitar Muslim merupakan petunjuk Allah.

"Sebenarnya semua yang ada di sekitar kita itu petunjuk Allah SWT, semuanya. Anak kita yang baik, anak kita yang kurang baik itu petunjuk sebenarnya. Kemudian tetangga kita ada yang baik ada yang kurang baik, itu petunjuk untuk kita," kata Dhanu dalam Tausyiah Siraman Qolbu, dikutip dari video yang diunggah akun Youtube MNCTV Official.

Dhanu melanjutkan, suatu musibah seperti kecelakaan lalu lintas itu pun bagian dari petunjuk sekaligus teguran yang datang dari Allah SWT. Untuk itu sebagai Muslim tentu harus menyikapinya dengan baik.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Menurut pemilik nama lengkap Djoko Ismanu Herlambang ini, segala sesuatu yang menimpa manusia adalah akibat dari perbuatannya itu sendiri dan Allah menegurnya dengan cara memberikan petunjuk.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Oleh karenanya, jika sedang tertimpa musibah seperti kecelakaan, manusia harusnya bersyukur karena telah diingatkan oleh Allah. Itu makanya sebaiknya tidak menggerutu atas apa yang terjadi.

"Jadi kalau bapak ibu semuanya kalau keserempet (bilang) Alhamdulillah, ini petunjuk Allah," ucapnya.

Sebelumnya kepada Okezone Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan, selalu banyak pertanyaan tentang takdir Allah. Apalagi takdir itu berupa musibah, misalnya tiba-tiba kecelakaan atau dirampok.

Ia melanjutkan, bagi mereka yang beriman, pasti akan ikhlas, sabar, dan pasrah kepada Allah SWT. Seperti dalam hadist berikut ini, yaitu menerangkan tentang orang-orang yang mau bersabar ketika tertimpa musibah.

عَجَبًا ِلأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ لَهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَلِكَ ِلأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْراً لَهُ

"Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya." (HR: Muslim)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya