nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 5 Alasan Santri Putri Cocok Dipilih Jadi Istri

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 12:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 18 614 2154705 ini-5-alasan-santri-putri-cocok-dipilih-jadi-istri-keBYbFXYDA.jpg Santri perempuan (Foto: Wisconsin Journal)

Rasulullah SAW telah mengajarkan bahwa menikah itu adalah ibadah. Pernikahan merupakan sunah nabi yang sangat dianjurkan pelaksanaannya bagi umat islam. Oleh karena itu jika ada pria yang sudah mampu mencari nafkah hendaknya ia mencari seorang istri.

Lalu istri seperti apa yang cocok dicari? Boleh saja seorang pria ingin menikah dengan perempuan cantik, kaya, pintar, dan lainnya. Namun perlu diingat bahwa jika menginginkan pernikahan yang bisa menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat, maka yang terpenting adalah menikahi perempuan karena agamanya.

 santri putri rajin beribadah

Oleh karena itu dengan mengarahkan pilihan untuk mempersunting seorang santri putri sebagai calon istri, bisa menjadi jalan bagi kaum pria untuk mencapai kebahagian dunia dan akhirat. Sebab santri putri memiliki beberapa kriteria sebagai calon istri idaman.

Lalu apa saja alasan-alasan mengapa santri putri cocok dipilih menjadi istri?

1. Rajin ibadah

Rasulullah SAW berpesan, “Nikahilah wanita yang kuat agamanya, niscaya kau beruntung.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud, An Nasai).

Seperti dilansir website Laduni, berdasarkan hadits tersebut, bisa disimpulkan bahwa mencari calon istri yang alim dan saleh adalah sebuah keharusan.

Seorang santri putri pastinya sudah mendapatkan bekal ilmu-ilmu agama di pesantrennya. Mereka sudah terbiasa melaksanakan ibadah-ibadah seperti yang telah di perintahkan oleh Allah SWT, seperti salat 5 waktu, puasa, zakat dan ibadah-ibadah lainnya. Nah, tipe wanita yang seperti inilah yang sangat layak dijadikan istri idaman.

2. Pintar mengaji

Mengapa santri putri pinter mengaji? Ya iyalah, setiap hari kerjaannya ngaji. Ngaji Alquran, ngaji kitab kuning dan ngaji kitab-kitab lain. Mempunyai istri yang pinter mengaji dan paham ilmu agama pasti banyak kelebihan positifnya.

Terus bayangin saja, ketika setiap hari diisi dengan mengaji bersama, pasti rumah tangga jadi adem kan.

3. Membawa kebahagiaan

Rasulullah SAW bersabda: “Empat perkara termasuk dari kebahagiaan, yaitu wanita (istri) yang shalihah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang saleh, dan tunggangan (kendaraan) yang nyaman. Dan empat perkara yang merupakan kesengsaraan yaitu tetangga yang jelek, istri yang jelek (tidak saleh), kendaraan yang tidak nyaman, dan tempat tinggal yang sempit.” [HR. Ibnu Hibban]

Nah, Rasulullah SAW sudah bepesan bahwa salah satu kebahagiaan adalah memiliki istri yang saleh dan memahami suami. Istri yang saleh berusaha taat kepada suami dan akan selalu berusaha untuk membahagiakan suami.

4. Bisa diajak hidup sederhana

Setiap santri putri pastinya sudah sangat terbiasa dengan hidup sederhana saat di pesantren. Mereka sudah tentu akan ikhlas menerima dan bersyukur atas apa yang dimiliki. Mereka juga siap untuk di ajak hidup susah dan berjuang bersama.

Namun para lelaki yang sejati tidak akan pernah memiliki pemikiran akan mengajak istrinya hidup susah dan sengsara. Ia pasti akan berusaha untuk membuat kehidupan rumah tangganya berkecukupan tanpa ada kekurangan apapun.

5. Terlatih mengerjakan pekerjaan rumah tangga

Nyapu? Ngepel? Semua urusan rumah tangga pastinya santri putri bisa melakukannya. Para santri putri sudah sangat terbiasa melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga saat berada di pesantren.

Mereka mempraktekkan apa yang ada di dalam kitab “uqudul lujain”. Apalagi santri putri yang menjadi abdi dalem di rumah pengasuh atau kiai, keahlian dan kesabaran mereka pasti sudah teruji.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini