Ini Bukti Kontak antara Muslim dan Viking di Skandinavia

Tiara Syifa, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 04:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 20 614 2155651 ini-bukti-kontak-antara-muslim-dengan-viking-di-skandinavia-sf3X3qOCjm.jpg Bangsa Viking (Foto: I Fly Magazine)

Selama masa Kekhalifahan Abbasiyah, zaman keemasan Islam dari abad ke-8 hingga ke-13, berdirilah salah satu kerajaan terbesar muslim dalam sejarah.

Kerajaan muslim ini memiliki kontak dengan berbagai negara lain seperti kontak dengan negara India dan Cina di timur, dan Bizantium di barat.

 Muslim dan Viking

Kontak berbagai budaya tersebut mengarah pada pembentukan jaringan perdagangan antara Asia, Afrika, dan Eropa. Namun, tahukah bahwa terdapat kemungkinan adanya kontak antara muslim dengan Viking?

Dilansir dari Mvslim, Senin (20/1/2020), hubungan antara muslim dan Viking ditemukan dalam sumber bertuliskan Arab dan melalui penemuan artefak Arab di Skandinavia.

Al-Gazal, penyair dan diplomat Moor, telah menggambarkan hal ini. Emir ke-4 Cordoba, Abd al-Rahman II juga mengutus Al-Gazal untuk menemui Raja Majusi. Sementara Majusi adalah sebutan untuk penyembah api dalam budaya Viking.

Meskipun tidak jelas mengapa Al-Gazal dikirimkan ke sana, ia melaporkan tentang sebuah pulau atau semenanjung yang mungkin merupakan Istana Raja Horik I, Raja Denmark.

Al-Tartushi juga telah melaporkan tentang bangsa Viking sekitar tahun 970 di salah satu tulisan tentang perjalanannya.

Ia juga mengatakan tentang orang-orang dan kota yang ditempati oleh bangsa Viking. Schleswig adalah kota yang sangat besar terletak di Samudera. Di dalamnya terdapat sumber air tawar. Penduduk di sana memuja Sirius, kecuali beberapa yang beragama Kristen dan mereka memiliki gereja.

Ibnu Khoradadbeh dan Ibnu Fadlan, penulis Arab yang juga menyebutkan bangsa Viking dalam karya-karyanya. Ibnu Khoradadbeh menyebutkan bahwa pada 844, orang Viking adalah Rus dan menggambarkan mereka sebagai pedagang budak, bulu binatang, dan pedang.

Ibnu Fadlan menggambarkan orang Rus sebagai orang-orang dengan fisik yang sempurna. Mereka bertubuh tinggi, berambut pirang dan kemerah-merahan.

Selain itu, artefak Arab yang ditemukan di Skandinavia juga beragam. Berupa bejana perunggu, koin bertuliskan arab, kostum dan aksesori, bejana kaca, manik-manik, timbangan, hingga pemberat sebagian besar ditemukan di Swedia dan merupakan bukti kontak antara Islam dengan Viking.

 cincin

Namun, bukti fisik yang paling penting terkait kontak antara Islam dengan Viking adalah cincin yang ditemukan di dalam kuburan seorang wanita di dekat Birka. Cincin tersebut terbuat dari paduan perak dan kaca berwarna merah muda denga tulisan Allah.

Meskipun begitu, tetap tidak bisa mengidentifikasi etnis atau agama wanita tersebut karena ia juga mengenakan pakaian tradisional Skandinavia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini