nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuliner Khas Arab Saudi yang Lezatnya Bikin Ketagihan, Ada yang Mirip Martabak!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 13:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 20 615 2155471 kuliner-khas-arab-saudi-yang-lezatnya-bikin-ketagihan-ada-yang-mirip-martabak-RpVG74E4rz.jpg Kuliner khas Arab Saudi Kulfi (Foto : SBS)

Selain terkenal dengan minyak dan tempat suci umat Islam, Arab Saudi juga memiliki berbagai makanan khas menarik. Makanan khas Arab Saudi terkenal dengan citarasa yang enak serta kaya akan rempah pilihan dan tentunya dijamin halal.

Jika Anda sedang berwisata ataupun menjalankan ibadah haji maupun umroh, jangan lupa mampir untuk menjajal aneka makanan khas Arab Saudi yang dikutip dari berbagai sumber

1. Mutabbaq

Sekilas makanan ini mirip martabak telur. Cemilan ini terbuat dari tepung yang diisi dengan daging cincang, sayuran, daun bawang, tomat, serta bawang merah.

Martabak Arab

(Foto : Asaanrecipes)

Mutabbaq sendiri termasuk jajanan kaki lima yang mudah sekali ditemukan disana. Untuk soal harga, Anda tak perlu khawatir karena cukup ramah di kantong.

2. Nasi Mandi

Tergolong makanan berat, nasi mandi merupakan salah satu masakan tradisional yang paling populer di Arab Saudi baik bagi masyarakat lokal maupun kalangan wisatawan.

Nasi Mandi

(Foto : Malayala Manorama)

Nasi mandi ini terbuat dari beras basmati yang dimasak dengan bumbu khusus seperti jintan, kayu manis, adas, safron serta lada hitam. Nasi mandi ini juga dilengkapi dengan topping daging ayam atau daging domba cincang. Hmm.. pastinya bikin ngiler.

3. Kulfi

Usai menyantap makanan berat, Anda bisa menikmati kulfi sebagai menu dessert. Kulfi adalah sejenis es krim yang berbahan dasar susu full cream yang kemudian dibalut oleh khoa dan ditaburi kacang tanah di atasnya.

Kulfi

(Foto : SBS)

Memiliki rasa yang manis dan menyegarkan menjadikan kulfi sebagai hidangan yang paling cocok dinikmati ditengah teriknya cuaca Arab Saudi.

4. Manakeesh

Hidangan satu ini memiliki bentuk yang menyerupai pizza. Manakeesh dibuat dengan menggunakan zaatar. Zaatar merupakan salah satu jenis rempah lokal dicampur dengan minyak zaitun dan biji wijen sebagai topping dan dioleskan di atas adonan sebelum dipanggang.

Manakeesh

(Foto : Simplyleb)

Namun seiring berjalannya waktu, muncul inovasi dan modifikasi topping manakeesh menjadi bawang, tomat, saus, daging cincang, hingga keju. Manakeesh yang memiliki citarasa lezat dan khas ini cocok banget untuk dijadikan menu sarapan ataupun makan siang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini