Share

Ibadah Umrah Solusi Kerinduan ke Tanah Suci

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 23 614 2156992 ibadah-umrah-solusi-kerinduan-ke-tanah-suci-Pia8O8diWh.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

BERDASARKAN data Pemerintah Arab Saudi yang dikutip dari laman Alriyadhdaily, total jamaah umrah asal Indonesia pada lima bulan terakhir ini mencapai 537.894 orang.

Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibanding jumlah jamaah haji asal Indonesia yang setiap tahunnya hanya mendapat kuota sekira 200 ribuan jamaah.

Menyikapi fakta tersebut, pembimbing Ibadah Al Malik Umra dan Hajj, Ustadz M Najmi Fathoni menuturkan, kebanyakan masyarakat Indonesia memilih umrah karena beberapa faktor. Salah satunya adalah karena daftar antre ibadah haji yang memakan waktu yang sangat panjang.

"Mengapa masyarakat lebih banyak yang umrah? Karena memang daftar haji, daftar tunggu haji itu sudah sampai 15 hingga 20 tahun. Jadi saking lamanya, masyarakat berbondong-bondong melaksanakan umrah terlebih dulu," katanya kepada Okezone, kemarin. Dengan kata lain umrah jadi solusi kerinduan Muslim Indonesia kepada Tanah Suci.

Najmi menambahkan, mengingat umur yang semakin bertambah tua sementara antrean haji sangatlah panjang, maka sebagian masyarakat pun akhirnya memilih umrah lebih dulu.

Faktor lainnya adalah umrah memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam, contohnya salat di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram pahalanya bisa mencapai seribu kali lipat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Salat di Masjidil Haram (pahalanya) seribu kali lipat dibandingkan salat dimana pun, ya. Kemudian salat di Masjid Nabawi itu juga seribu kali lipat dibanding masjid manapun. Lipatan pahala itu juga jadi dorongan (berangkat umrah), mungkin juga menambal ibadah yang bolong sebelumnya," tuturnya.

Lebih lanjut, kata Najmi, suasana keimanan atau spiritual seseorang akan meningkat, serta sadar diri akan kerendahan diri di hadapan Allah.

Kemudian sadar akan kewajiban beribadah, sadar akan komunikasi dengan Tuhan yang mungkin sebelumnya jauh dari Allah. "Ada rezeki lebih sehingga mereka ingin menuju rumahNya," pungkas Najmi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini