nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengulik Keunikan Huaisheng, Masjid Tertua di China

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 20:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 25 615 2158273 mengulik-keunikan-huaisheng-masjid-tertua-di-china-wMghYr9TlH.jpg Masjid tertua di China (Foto: Pinterest)

MASJID Huaisheng, jadi salah satu tempat bagi para pelancong sebagai destinasi wisata ramah Muslim (Muslim friendly). Lokasinya terletak di distrik Kota Guanzhou, China dan jadi masjid tertua

Masjid Huaisheng telah jadi saksi sejarah penyebaran Islam di Negeri Tirai Bambu. Dilansir dari Mvslim, Sabtu (25/1/2020). Masjid tertua di China ini dibangun pada masa Dinasti Tang (619-907) tepatnya ketika pedangan Muslim datang ke China.

 MAsjid tertua

Lebih lanjut, tempat ini merupakan kontak awal Islam dengan China terjadi di daerah ini, kemudian menyebar ke wilayah lain. Dengan demikian Guangzhou dapat disebut sebagai tempat lahirnya Islam China .

Namun di lain sisi ada yang menyebutkan, bahwa masjid ini dibangun oleh Sa'ad bin Abi Waqqas, yakni tak lain adalah paman Nabi Muhammad SAW pada masa pemerintahan Kaisar Gaozong (649-683). Hal ini diduga karena ada beberapa makan seorang Muslim yang di dalam masjid tertua di China.

Usut punya usut, nyatanya Huaisheng bukan dibangun atau tempat dimakamkannya Sa'ad bin Abi Waqqas. Melainkan saat ini masjid tersebut menjadi salah satu tujuan destinasi wisata religi di China.

Jika diperhatikan, arsitektur bangunan masjid ini mengusung gabungan dua budaya yaitu China dan Arab. Kaligrafi Arab dapat dilihat di sekitar dinding dan pilar.

 Masjid tertua

Beberapa tulisan terlihat seperti karakter aksara China . Sedangkan tulisan-tulisan Arab berbentuk persegi yang diposisikan dan ditempatkan pada pilar Selain itu ada sejumlah fitur menarik lainnya yang menghiasi di masjid ini.

Ukuran masjid ini adalah 3600 meter persegi dan dapat menampung lebih dari 2000 jemaah. Bahkan ketika hari Jumat masjid ini dipadati oleh umat Islam yang akan melaksanakan salat Jumat.

Setelah selesei berkeliling masjid, baiknya para wisatawan juga mencicipi kuliner-kuliner halal yang ada di sekitar masjid bersjarah tersebut. Salah satunya adalah Restoran Nur Bostan.

Restoran halal ini cukup populer karena menyajikan berbagai hidangan termasuk masakan China, serta beberapa hidangan populer dari negara lain juga.

 Masjid tertua

Pengunjung Muslim yang datang untuk mengunjungi masjid merasa sangat nyaman untuk dapat menemukan makanan halal di dekat masjid. Ayam dan daging halal juga tersedia di sini.

Muslim yang datang untuk salat akan merasa mudah untuk mendapatkan pasokan makanan halal mingguan dari sini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini