Ayu Azhari Ingin Anaknya seperti Nabi Yusuf, Begini Kisah Nabi Tampan Tersebut

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 31 614 2161346 ayu-azhari-ingin-anaknya-seperti-nabi-yusuf-begini-kisah-nabi-tampan-tersebut-vdNpQVAZn3.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

PUTRA kandung artis senior Ayu Azhari, Axel Djoko Gondokusumo, terpaksa mendekam di balik jeruji karena kasus narkoba. Sang bunda berharap anaknya seperti Nabi Yusuf ketika harus di penjara.

"Didoakan saja. Mudah-mudahan bisa seperti kisah Nabi Yusuf, keluar dari penjara bisa jadi Gubernur, bisa jadi Raja. Insya Allah," kata Ayu.

Lalu bagaimana kisah Nabi Yusuf itu? Dikutip dari NU Online, ia sangat tampan sehingga disukai oleh Zulaikhah, istri seorang pria yang berpengaruh di zamannya.

Saat itu perempuan yang memiliki paras cantik dan kaya raya tersebut dapat memberikan apapun kepada Yusuf. Sementara Nabi Yusuf dalam posisi lemah karena ia hanyalah seorang budak.

Meski Yusuf seorang budak, Zulaikhah tetap menyukainya. Berbagai rayuan dilakukan tapi nabi tampan tersebut tak tergoda sama sekali.

Kisah Zulaikhah menggoda Nabi Yusuf ini juga terdapat di dalam Alquran, yaitu Surah Yusuf ayat 32:

قَالَتْ فَذَٰلِكُنَّ الَّذِي لُمْتُنَّنِي فِيهِ ۖ وَلَقَدْ رَاوَدْتُهُ عَنْ نَفْسِهِ فَاسْتَعْصَمَ ۖ وَلَئِنْ لَمْ يَفْعَلْ مَا آمُرُهُ لَيُسْجَنَنَّ وَلَيَكُونًا مِنَ الصَّاغِرِينَ

Qālat fa żālikunnallażī lumtunnanī fīh, wa laqad rāwattuhụ 'an nafsihī fasta'ṣam, wa la`il lam yaf'al mā āmuruhụ layusjananna wa layakụnam minaṣ-ṣāgirīn

Artinya: Wanita itu berkata, "Itulah dia orang yang kamu cela aku karena (tertarik) kepadanya, dan sesungguhnya aku telah menggoda dia untuk menundukkan dirinya (kepadaku) akan tetapi dia menolak. Dan sesungguhnya jika dia tidak mentaati apa yang aku perintahkan kepadanya, niscaya dia akan dipenjarakan dan dia akan termasuk golongan orang-orang yang hina".

Pada suatu hari, Nabi Yusuf dan Zulaikhah sedang berada di dalam rumah hanya berdua. Perempuan kaya itu mengambil kesempatan dalam kesempitan untuk menggoda pria incarannya itu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Namun lagi-lagi Yusuf menolak ajakan perempuan itu untuk berzina. Kemudian Nabi Yusuf pun berdoa kepada Allah supaya ia dimasukan ke dalam penjara untuk menjauhkannya dari Zulaikhah yang tidak pernah berhenti menggodanya.

Allah berfirman dalam Surah Yusuf ayat 33, yaitu:

قَالَ رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

Qāla rabbis-sijnu aḥabbu ilayya mimmā yad'ụnanī ilaīh, wa illā taṣrif 'annī kaidahunna aṣbu ilaihinna wa akum minal-jāhilīn

Artinya: Yusuf berkata: "Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh".

Kemudian Allah pun mengabulkan permintaan Nabi Yusuf. Saat itu suami Zulaikhah memerintahkan keamanan untuk menangkap Nabi Yusuf karena dituduh ia yang telah menggoda istrinya.

Namun Nabi Yusuf tidak sedih, ia malah bersyukur karena Allah telah mengabulkan doanya supaya dimasukan ke dalam penajara. Cerita ini diterangkan dalam Surah Yusuf ayat 34, Allah berfirman:

فَاسْتَجَابَ لَهُ رَبُّهُ فَصَرَفَ عَنْهُ كَيْدَهُنَّ ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Fastajāba lahụ rabbuhụ fa ṣarafa 'an-hu kaidahunn, innahụ huwas-samī'ul 'alīm

Artinya: "Maka Tuhannya memperkenankan doa Yusuf dan Dia menghindarkan Yusuf dari tipu daya mereka. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Lebih lanjut, setelah Nabi Yusuf keluar dari penjara, kedudukannya jauh lebih baik. Seiring berjalannya waktu, Allah SWT mengangkat derajatnya, bahkan ia menjadi salah seorang pejabat penting di Mesir. Nabi Yusuf memiliki kekuasaan dan pengaruh yang sangat besar di negerinya kala itu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya