Kemuliaan Akhlak Gus Sholah, Tak Sungkan Memunguti Sampah di Jalan

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 614 2162964 kemuliaan-akhlak-gus-sholah-tak-sungkan-memunguti-sampah-di-jalan-oocSH74btY.jpg Gus Sholah (Foto: Inst Ipang Wahid)

Wafatnya Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH. Salahuddin Wahid yang akrab disapa Gus Sholah memang masih meninggalkan duka yang mendalam.

 

Gus Sholah merupakan sosok yang patut diteladani, baik dari segi keilmuan maupun akhlaknya. Meskipun ia seorang kiai yang berilmu tinggi ia tak segan-segan menunjukkan kesederhaannya.

Seperti dikutip dari akun instagram resmi @tebuireng.online, terdapat salah satu unggahan video memperlihatkan Gus Sholah sedang memungut sampah yang berserakan di jalan.

 

"Abah Kiai Sholah bukanlah sosok yang hanya memberikan pengajaran dengan omongan saja. Beliau memberi contoh dan tindakan langsung untuk ditiru para santrinya," tulis keterangan video itu.

Video tersebut menjadi salah satu kenangan yang berarti, baik untuk para santri dan lainnya, khususnya warga Nahdlatul Ulama (NU). Gus Sholah dikenal memiliki sifat rendah hati juga tidak gengsi, seperti yang dilihat di video tersebut.

Di dalam video itu terlihat, Gus Sholah mengenakan koko putih, sarung warna cokelat dan peci hitam sedang memunguti sampah yang ada di jalan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Gus Sholah memperlihatkan sifat sederhananya, walaupun ia adalah seorang ulama yang dihormati ia membersihkan sendiri sampah yang dilihatnya. Padahal, bisa saja Gus Sholah meminta santrinya memunguti sampah itu. ini menunjukkan betapa mulia akhlak Gus Sholah.

"Video ini adalah kenangan saat beliau dengan tanpa rasa tinggi hati, mengambil sampah yang kebetulan tidak diletakkan pada tempatnya," tambah keterangan video tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini