Menag: Peserta Lomba Hafalan Alquran dan Hadist Cerminan Masa Depan yang Baik

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 614 2163738 menag-peserta-lomba-hafalan-alquran-dan-hadist-cerminan-masa-depan-yang-baik-I6lpbXasFE.jpg Ilustrasi lomba menghafal Alquran (New York Times)

Lomba hafalan Alquran dan hadist alias Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadist (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Al Saud Tingkat Nasional ke-12 digelar kembali.

Menteri Agama RI (Menag), Fachrul Razi menghadiri final lomba hafalan Alquran dan hadist tersebut. Dalam kesempatan itu, ia mengatakan, akhlak para peserta lomba hafalan Alquran dan hadist itu sesuai dengan ilmu yang didapat.

 Menag Fachrul Razi

"Hari ini saya menyaksikan (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Al Saud. Kemudian saya lihat yang tampil rendah hati sesuai ilmunya, sopan santun," katanya saat ditemui di Hotel Balairung, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Menag Fachrul Razi mengatakan, para hafidz dan hafidzah yang tengah mengikuti lomba hafalan ini cerminan masa depan yang baik. Mereka tak lepas dari perilaku dan tutur katanya yang baik.

"Saya kira kami harapkan tokoh-tokoh masa depan seperti itu, seperti para tahfidz," terangnya.

Lebih lanjut, kata dia, adanya kompetisi hafalan Alquran dan hadist ini akan terus berlanjut sehingga akan menciptakan generasi yang baik, patuh terhadap agama dan negara.

"Saya harapkan tiap tahun berlanjut terus," ujar Fachrul.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Jumlah peserta lomba ini sebanyak 270 putra, 104 putri. Sementara untuk kategori terbagi ke dalam 5 juz, 10 juz, 15 juz, 20 juz, 25 juz dan Al hadits. "Kalau putri hanya Alquran saja," katanya.

Sementara itu salah satu peserta MHQH asal Lampung, Yazid Fadilah mengatakan, ia merasa termotivasi dengan adanya kompetisi hafalan quran satu ini.

"Ini ikutnya dadakan juga. Tapi saya senang bisa ikut kesempatan ini, sekaligus ingin membanggakan orangtua juga," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya