4 Manfaat Hewan Ternak dalam Islam, Pertama Memberi Kehangatan

Suherni, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 08:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 614 2164102 4-manfaat-hewan-ternak-dalam-islam-pertama-memberi-kehangatan-1d9CeNkGQL.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

ALLAH SWT menciptakan hewan ternak yang manfaatnya sangat banyak. Hewan ternak itu hidup berdampingan dengan manusia tanpa saling mengganggu.

Allah berfrman, “Dan hewan ternak telah diciptakan-Nya untukmu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai manfaat, dan dari sebagiannya kamu makan. Dan kamu memperoleh keindahan padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya (ke tempat penggembalaan). Dan ia mengangkut beban-bebanmu (menuju) ke suatu negeri yang kamu tidak sanggup mencapainya, kecuali dengan susah payah. Sungguh, Tuhanmu Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dan Dia (telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai, untuk kamu tunggangi dan menjadi perhiasan. Allah menciptakan apa yang kamu tidak ketahui.” (An-Nahl: 5-8).

Ayat-ayat di atas menjelaskan manfaat-manfaat yang bisa diperoleh manusia dari hewan-hewan ternak; sapi, domba, kambing, dan unta. Manfaat pertama yang bisa didapat manusia termasuk dalam firman-Nya, “Dan hewan ternak telah diciptakan-Nya untukmu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan...”

Maksudnya, hewan ternak dapat membantu memberikan kehangatan bagi manusia pada musim dingin, yaitu melalui karpet, baju, penutup kepala, dan jenis-jenis pakaian lainnya yang dibuat dari kulit hewan ternak.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Manfaat kedua bagi manusia adalah kulitnya, juga tanduknya. Pun manusia bisa menungganginya sebagai sarana transportasi maupun alat pertanian.

Manfaat ketiga bagi manusia dijelaskan dalam firman-Nya, “... dan dari sebagiannya kamu makan...” Ini merupakan petunjuk bahwa daging, lemak, dan susu sangat berperan penting sebagai makanan manusia.

Penggalan ayat selanjutnya, yaitu “... Allah menciptakan apa yang tidak kamu ketahui…” merupakan petunjuk yang sangat jelas tentang sarana-sarana transportasi pada masa depan, seperti mobil, kereta, pesawat, dan satelit yang terbang meninggalkan bumi menuju planet-planet yang jauh dan bertebaran di luar angkasa.

Demikian pengetahuan ini dikutip dari Buku Pintar Sains Dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, karya Dr. Nadiah Thayyarah halaman 613-614.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya