Share

Sains dalam Alquran, Keistimewaan Burung-Burung

Ibrahim Al Kholil, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 614 2162614 sains-dalam-alquran-keistimewaan-burung-burung-TOtfjZcs2t.jpg Keistimewaan burung-burung (Foto: The Conversation)

Burung-burung merupakan binatang yang diberi keistimewaan oleh Allah SWT. Mereka bisa terbang ke angksa dengan sayap-sayap yang dimilikinya.

Bahkan Allah SWT mengisahkan soal burung-burung ini untuk menunjukkan kebesaran Allah.

ย burung

Allah berfirman, "Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dapat terbang di angkasa dengan mudah? Tidak ada yang menahannya selain Allah. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang beriman." (An-Nahl: 79).

"Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pengasih. Sungguh, Dia Maha Melihat segala sesuatu." (Al-Mulk: 19).

Burung termasuk salah satu hewan yang paling menawan, paling indah suaranya, dan paling mengagumkan bagi kebanyakan orang.

Spesies burung ada di setiap tempat di penjuru bumi, di kawasan kutub, di puncak gunung-gunung yang tinggi, di atas lautan yang ganas, di dalam hutan yang gelap, di tengah padang pasir yang gersang, dan di tengah-tengah kota yang ramai.

Hingga saat ini, para ilmuwan telah berhasil menemukan lebih dari 9.000 spesies burung. Dan burung mempunyai sifat-sifat khusus alias keistimewaan yang membantunya untuk terbang, di antaranya:

ย Berat badan burung sangat ringan karena tulang-tulangnya berongga. Burung mampu menghasilkan energi yang besar untuk terbang. Hal ini meniscayakan adanya otot-otot yang kuat di dada dan jantung yang relatif berukuran besar, yang dapat memompa darah dalam jumlah besar sehingga burung bisa terbang menempuh jarak yang jauh.

Konstruksi tubuh burung seperti dipintal sehingga membuatnya bisa mengurangi kekuatan hempasan angin selama ia terbang. Tubuhnya dibungkus oleh bulu-bulu yang bobotnya ringan, yang mencegahnya dari kehilangan panas sehingga suhu tubuhnya senantiasa stabil.

Burung muda mempunyai tulang dada yang cukup luas. Dan pada tulang dada itu terdapat tonjolan tipis ke atas yang membuat burung yang masih belajar terbang bisa membelah angkasa dengan mudah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

ย Dua sayap burung bagian depan diselimuti oleh bulu-bulu. Dua sayap itu seperti kipas angin yang berfungsi untuk mendorong angin agar burung dapat terbang. Adapun dua sayapnya di bagian belakang bertugas untuk mengendalikan tubuhnya sewaktu berjalan.

Burung tidak memiliki gigi. Inilah salah satu hal yang meringankan bobot badannya. Burung merpati menelan biji-bijian tanpa mengunyahnya. Biji-bijian itu dibasahi di dalam tembolok dan kemudian digiling di dalam empedal. Burung merpati juga tidak mempunyai kelenjar penghasil air liur.

Pada tubuh burung terdapat sembilan kantong udara yang memanjang dari paru-paru dan masuk ke dalam otot-otot dan tulang-tulang. Kantong-kantong itu mampu menampung udara dalam jumlah besar dan karenanya bobot tubuh burung jadi ringan. Ketika burung hendak terbang, ia mengisi penuh kantong-kantong itu dengan udara sehingga ukuran tubuhnya membesar dan kerapatannya menjadi lebih renggang. Dengan ukuran tubuh yang besar dan kerapatan yang renggang, burung pun lebih mudah terbang.

Pengetahuan ini dikutip dari Buku Pintar Sains Dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, Karya Dr.Nadiah Thayyarah.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini