Share

Catat, Ini 5 Nikmat Allah yang Terdapat di Masjidil Haram

Suherni, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 614 2164428 catat-ini-5-nikmat-allah-yang-terdapat-di-masjidil-haram-pBtalx64em.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

ALLAH berfirman, "Ya Tuhan Kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang mempunyai tanam-tanaman di dekat Rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan Kami, (itu) agar mereka mendirikan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah mereka rezeki dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur." (Ibrahim: 37).

Ayat tersebut dianggap mukjizat terbesar yang tak lagi memerlukan dalil pembuktian. Sesungguhnya Allah telah menjadikan Masjidil Haram sebagai tempat yang suci dan aman serta di karuniai buah-buahan.

Sesungguhnya negeri Hijaz yang unik sebagai lembah yang tandus dan gunung-gunung yang gersang tak bisa ditanami apa pun karena minimnya air, kini menjadi tanah yang istimewa karena menyimpan banyak kebaikan dan menjadi tempat berkumpulnya jutaan orang dari berbagai penjuru dunia, terutama di saat musim haji setahun sekali.

Di antara nikmat Allah yang terdapat di sana adalah:

1. Kandungan minyak bumi di bawah tanah Hijaz ditengarai sebagai yang terbesar volumenya di dunia.

2. Maraknya pembangunan gedung-gedung tinggi di padang pasir sebagai pemandangan yang kontras dengan situasi geografis dan sosial masyarakatnya.

3. Bertambahnya jumlah lahan pertanian dalam skala yang sangat luas di tengah padang pasir yang gersang itu dianggap sebagai salah satu karunia Allah bagi Hijaz.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Situasi keamanan yang terjaga dianggap juga sebagai karunia bagi negeri Hijaz, karena tak pernah tersentuh oleh perang, seperti Perang Dunia I dan II yang terjadi pada 1913 sampai 1945.

5. Sesungguhnya kecintaan umat Islam terhadap negeri ini pun dianggap karunia di sisi lain. Itulah bukti keinginan banyak umat Islam untuk sesering mungkin kembali ke sana. Bahkan, banyak orang miskin yang mengumpulkan sedekah yang di dapatnya untuk dia sedekahkan kembali di musim haji. Ada pula petani yang menjual tanahnya untuk kepentingan haji. Uniknya lagi, tidak sedikit orang kikir yang mau bersedekah ketika musim haji tiba.

Demikian pengetahuan ini dikutip dari Buku Pintar Sains Dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, karya Dr. Nadiah Thayyarah, halaman 709-710.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini