nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Obat Herbal yang Disebutkan dalam Hadits Nabi SAW

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 12:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 06 616 2164240 3-obat-herbal-yang-disebutkan-dalam-hadits-nabi-saw-mtqqqQLUzO.jpg Lidah Buaya Termasuk Obat Herbal yang Disebutkan dalam Hadits Nabi (Foto: iStock)

Alquran bukan hanya sekadar kitab suci bagi Umat Islam, di dalamnya juga menjelaskan tentang berbagai macam obat-obatan. Begitu pula hadits Nabi, banyak memuat petunjuk tentang pengobatan. Mulai dari buah-buahan, tanaman obat herbal hingga yang berasal dari hewan banyak yang disebutkan dalam Alquran dan hadits Nabi SAW.

Nah, berikut ini adalah tiga tanaman obat herbal yang disebutkan dalam hadits Nabi SAW, yang biasa digunakan untuk kebutuhan obat-obatan atau keperluan medis lainnya.

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia Ustadz Fauzan Amin mengatakan, selain di dalam Alquran, obat-obatan seperti obat herbal juga tertulis di dalam beberapa riwayat hadist. Ini dia tiga di antaranya:

1. Jintan Hitam (Habbatussauda)

Obat Herbal Jintan Hitam

Pertama adalah jintan hitam atau dikenal dengan nama lain habbatussauda. Herbal satu ini memiliki banyak manfaat, seperti menguatkan sistem kekebalan tubuh, menetralisir racun hingga anti stres.

Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya di dalam Habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian" (HR Bukhori dan Muslim)

2. Siwak

Siwak Obat Herbal

Selanjutnya adalah siwak. Jenis kayu ini biasa kita dapati dari seseorang yang baru saja pulang dari Tanah suci, teksturnya lebih ringan dari kayu-kayu lainnya. Siwak juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mulut, dan jadi sunah Rasul.

Rasulullah SAW bersabda:

وقال صلى الله عليه وسلم: {تَسَوَّكُوا فإنَّ السِّوَاك مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ}.

Artinya: "Bersiwaklah kalian, karena sungguh siwak itu mensucikan mulut dan diridhai Tuhan." (HR. Imam Ibnu Majah).

3. Lidah Buaya

Lidah Buaya Obat Herbal

Seperti dikutip dari buku pintar Sains dalam Alquran karya Nadiah Thayyarah halaman 888, lidah buaya juga tertulis dalam beberapa riwayat hadist, seperti:

Diriwayatkan dari Nabih ibn Wahb, dia berkata, “Kami bepergian bersama Abban ibn Utsman. Ketika kami sampai di Milal, Umar ibn Ubaidillah terkena penyakit mata. Ketika kami melanjutkan perjalanan sampai ke Rauha‘, sakitnya makin parah, maka masalah ini diadukan kepada Abban ibn Utsman. Abban lalu memerintahkan Umar untuk mengolesi kedua matanya dengan lidah buaya, karena Utsman pernah mendengar dari ayahnya bahwa Rasulullah bersabda mengenai lelaki yang terserang penyakit mata saat ihram, ‘Olesilah keduanya dengan tanaman ash-shabr (lidah buaya)!” (HR. Muslim).

Penelitian modern telah membuktikan bahwa dalam lidah buaya terkandung zat antiradang. Jika perasan air lidah buaya ditaruh di daerah yang terkena radang, maka radangnya akan mereda, penyumbatannya akan terkurangi dan sakitnya pun akan hilang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini