nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sedekah Cara Terbaik Menolak Bala

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 04:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 09 614 2165795 sedekah-cara-terbaik-menolak-bala-GBNLo8CMpP.jpg Banjir melanda wilayah di Indonesia (Foto: Okezone)

Memasuki awal tahun 2020, sejumlah wilayah di Indonesia dilanda banjir bahkan sampai menelan korban jiwa. Ini adalan bala atau bencana yang harus dihadapi bersama dengan saling tolong-menolong.

Sejatinya hujan yang turun terus-menerus, banjir yang melanda merupakan bukti cinta Allah SWT kepada manusia. Sebab melalui ujian berupa bala yang melanda, Allah SWT sedang memberikan peluang kebaikan kepada manusia, baik melalui ibadah maupun melalui amal jariyah.

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Al-Mulk ayat 2)

 banjir

Direktur Utama PPPA Daarul Qur’an Abdul Ghofur mengaku bersyukur atas kepercayaan masyarakat dan donatur lembaganya mendapat kesempatan untuk membantu ribuan warga terdampak banjir pada Januari lalu. Khataman Alquran dan doa terbaik untuk negeri juga telah dilangitkan oleh 37.000 santri penghafal Alquran di 1.000 titik lokasi rumah tahfidz dan Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Takhasuss.

Oleh karena itu, ujar Ghofur, ia mengajak segenap masyarakat dan seluruh donatur untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui amalan-amalan terbaik. “Kami mengajak masyarakat dan seluruh donatur memberikan sedekah terbaik untuk menolak bala. Insya Allah sedekah Anda dapat menjadi penolong untuk diri, orang yang Anda sayang, dan negeri ini,” ujarnya belum lama ini.

Ghofur menjelaskan, Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) PPPA Daarul Qur’an akan terus bergerak memberikan manfaat kepada masyarakat luas, khususnya dalam dakwah tahfidzul Alquran. Pada Februari ini, terlepas dari program reguler untuk para penghafal Alquran, kali ini Mobile Qur’an (MoQu) akan gencar berjelajah ke rumah-rumah sakit kanker untuk memotivasi para penderitanya.

“Begitu pula layanan ambulance PPPA Daarul Qur’an yang siap siaga 24 jam melayani masyarakat yang membutuhkan. Sejumlah seminar dan bantuan kesehatan juga akan kami berikan kepada para santri-santri penghafal Alquran yang membutuhkan bantuan tersebut,” terang Ghofur.

Mungkin ada banyak cara untuk menghindari bala yang datang. Namun ada satu cara sederhana yang Rasulullah SAW contohkan agar umatnya bisa terhindar dari musibah atau bala, yaitu dengan bersedekah.

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR. Imam Baihaqi)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini