6 Amalan Ini Membuat Anda Dekat dengan Rasulullah di Surga

Ibrahim Al Kholil, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 10 614 2166003 6-amalan-ini-membuat-anda-dekat-dengan-rasulullah-di-surga-zZQccWDtiy.jpg foto: Okezone

ISLAM sangat memperhatikan kehidupan anak yatim, bahkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sendiri menjanjikan umatnya akan berdekatan dengan Rasulullah di surga. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “ Saya dan pengasuh anak yatim akan berada di Firdaus seperti ini ,” dan dia menyatukan kedua jarinya. (Al-Bukhari). Namun jika kita merasa belum mampu untuk mengasuh anak yatim secara langsung jangan berkecil hati, ada beberapa cara agar Anda bisa tetap berkontribusi untuk kehidupan mereka.

Dilansir dari About Islam, 6 cara berikut mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda yang belum mampu mengasuh anak yatim,tapi ingin berkontribusi dalam kehidupan anak yatim, simak ya!

1. Menjadi sponsor anak yatim

Menjadi sponsor atau membiayai kehidupan anak yatim adalah salah satu bentuk amal terbaik, selain mengasuh anak yatim. Hal itu berdasarkan sabda Rasulullah yang berbunyi, “Siapa pun yang mengambil anak yatim di antara kaum Muslim untuk membesarkan, memberi makan dan memberinya minum, Allah mengakui dia ke surga tanpa keraguan, kecuali dia telah melakukan dosa yang tidak diampuni.” (Jami ' at-Tirmidzi).

Anda dapat menyediakan makanan, pakaian, dan pendidikan bagi anak-anak yang kehilangan orang tua ini. Anda dapat memilih untuk mensponsori satu anak atau lebih sesuai kemampuan Anda.

2. Menyumbangkan uang Anda untuk anak yatim

Anda dapat menyumbangkan sebagian harta yang Anda miliki ke panti asuhan atau Anda dapat menyumbang ke badan amal yang nantinya akan disalurkan kepada anak-anak yatim ini. Cara yang tersebut dinilai lebih baik dan lebih bijak karena dengan cara itu uang yang Anda titipkan kepada badan amal tertentu akan menjangkau secara lebih luas dan merata. Meski demikian Anda juga bisa memberikan uang Anda secara langsung kepada mereka, yang akan membuat Anda akan lebih bersyukur dengan apa yang Anda miliki.

3. Mendidik diri sendiri

Ada jutaan anak yatim di seluruh dunia, dan sebagian besar dari mereka hidup dalam kondisi serba kekurangan, hal ini biasanya lebih disebabkan oleh kurangnya pendidikan daripada kurangnya perhatian. Mungkin Anda bisa membantu mereka dengan mendidik mereka secara langsung atau dengan membiyai mereka sekolah. Itu akan sangat mambantu mereka, karena ketika memasuki usia dewasa, mereka sudah harus bertanggungjawab dengan diri mereka sendiri.

4. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian masalah anak yatim

Ketika Anda menjadi lebih sadar akan masalah yang dihadapi anak yatim, beri tahu juga keluarga, teman, rekan kerja, dan masyarakat luas tentang masalah ini. Misalnya, Anda dapat memberi tahu anak - anak Anda bahwa ada anak-anak di seluruh dunia tanpa mainan untuk dimainkan. Kemudian Anda mendorong mereka untuk menyumbangkan sebagian mainan mereka panti asuhan atau Anda dapat memanfaatkan kekuatan media sosial untuk menyebarkan berita, misalnya, dengan memposting tentang dan menghubungkan ke artikel berita tentang keadaan anak yatim.

"Dan berbuat baik kepada orang tua, saudara, anak yatim dan orang miskin." [ Qur'an 2:83 ]

5. Menjadi relawan untuk anak yatim

Anda tidak perlu melakukan perjalanan keliling dunia untuk membantu anak yatim. Ada banyak di komunitas disekitar Anda yang dapat menyalurkan waktu, bakat, dan kasih sayang Anda kepada anak yatim. Anda dapat berkontribusi untuk anak yatim dengan menjadi bagian dari komunitas yang peduli dengan anak-anak yatim. Kemampuan Anda atau kepribadian Anda yang lembut mungkin bisa membantu kegiatan komunitas tersebut.

6. Membuat penggalangan dana untuk anak yatim

Mayoritas orang selalu bersemangat untuk membantu anak-anak, terutama anak-anak yang kurang beruntung seperti anak yatim. Tetapi beberapa dari mereka tidak mampu membantu dengan uang atau harta.

Namun mereka juga bisa membantu dengan melakukan penggalangan dana baik secara langsung atau mengajukan kepada perusahaan atau instansi-instansi tertentu. Ingat, dunia ini bisa menjadi tempat yang indah untuk setiap anak yatim jika kita ikut andil membantu meringankan beban hidup mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini