Cegah Virus Korona, Muhammadiyah Bagikan Ribuan Masker untuk WNI di Taiwan

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 11 614 2166519 cegah-virus-korona-muhammadiyah-bagikan-ribuan-masker-untuk-wni-di-taiwan-H6u9O088IE.jpeg Tim Muhammadiyag bagikan masker kepada WNI di Taiwan. Foto: Muhammadiyah

VIRUS Korona sudah menyebar ke berbagai negara, salah satunya ke Taiwan. Menyikapi itu Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan membagikan ribuan masker kepada WNI di wilayah kerjanya.

Pada pembagian gelombang pertama yang berlangsung pada Minggu 9 Februari 2020, PCIM Taiwan membagikan sekitar 4.000 masker. Jumlah itu masih akan ditambah mengingat jaminan ketersediaan masker sangat penting untuk mencegah virus korona.

“Pembagian masker gelombang kedua minggu depan, tim Muhammadiyah Taiwan akan membagikan hingga 30 ribuan masker,” ujar Ketua PCIM Taiwan, Andi Azhar, sebagaimana dikutip dari laman resmi Muhammadiyah pada Selasa (11/2/2020).

“Hingga hari ini, tim Muhammadiyah Taiwan sendiri sudah mendapat donasi dari MDMC dan LazisMu beberapa provinsi, lembaga-lembaga non pemerintah serta teman-teman di Indonesia berupa masker sebanyak hampir 25 ribu lembar,” tambahnya.

Lebih lanjut, pembagian masker kepada WNI di Taiwan merupakan bentuk respons cepat Muhammadiyah terhadap situasi di sana. Untuk diketahui WNI di negara tersebut kesulitan mendapat masker, sebab apotek hanya meberi 2 – 3 lembar masker kepada setiap orang yang membeli.

Lebih lanjut Andi mengatakan, tim Muhammadiyah Taiwan sempat khawatir akan dipersulit di bandara mengingat Taiwan memiliki aturan ketat mengenai impor masker.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara Ketua Aisyiah Taiwan Yuniar Wardani yang membawa ribuan masker ke nagara itu mengatakan bahwa ia bersyukur semua proses imigrasi dan kepabeanan dipermudah.

“Sepanjang perjalanan dari Yogyakarta hingga ke Taipei (Taiwan), walaupun sempat gemetaran, setiap melewati pos imigrasi dan bea cukai saya terus berdoa agar dipermudah. Dan Alhamdulillah, semuanya lancar,” ucapnya yang merupakan mahasiswa doktoral di Taipei Medical University.

Di sisi lain Andi melanjutkan, selama proses pengiriman masker dari Indonesia, dirinya terus berkoordinasi dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei terkait masalah perizinan. Pada akhirnya, Pemerintah Taiwan melonggarkan aturan soal impor masker ini mengingat ketersediaan masker di Taiwan sendiri sangat terbatas.

Kegiatan pembagian masker ini direspon cukup positif oleh para WNI di Taiwan. Ali Muliyo, seorang Pekerja Migran Indonesia mengungkapkan ia bersyukur sekali dengan kegiatan pembagian masker oleh Muhammadiyah.

Terima kasih untuk Muhammadiyah serta para donatur yang masih mau peduli kepada kami para TKI di Taiwan dengan mengadakan pembagian masker ini,” ucapnya.

Selain pembagian masker, Tim Muhammadiyah Taiwan juga melakukan edukasi tentang bagaimana cara melakukan pencegahan penyebaran virus ini selain memakai masker sesuai dengan protokol yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Taiwan. Pencegahan perlu dilakukan karena sedikitnya sudah ada 17 orang yang positif terkena virus korona di Taiwan. Sumber : Tim Media Center PCIM Taiwan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya