nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Keistimewaan Rumah yang Dibacakan Alquran, Pertama Tak Dimasuki Setan

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 11:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 21 330 2171957 4-keistimewaan-rumah-yang-dibacakan-alquran-pertama-tak-dimasuki-setan-kZ5HR6YC7f.jpg Ilustrasi. Foto: NPR

SETIAP Muslim diwajibkan membaca Alquran, sebab kitab suji tersebut merupakan petunjuk agar selamat dunia dan akhirat. Maka tidak heran ketika magrib atau subuh, sering terdengar alunan ayat-ayat suci dari rumah orang-orang yang beragama Islam.

Sementara itu rumah yang dibacakan Alquran memiliki sejumlah keistimewaan. Dikutip dari laman Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) pada Jumat (21/2/2020), berikut 4 keistimewaan tersebut.

1. Rumah Tidak Dimasuki Setan

Setan selalu berupaya menggelincirkan manusia dari jalan Tuhan. Salah satu cara setan ialah dengan mengganggu dan merusak keharmonisan keluarga. Apabila keluarga tidak harmonis maka akan timbul aneka konflik.

Untuk itu, dengan rutin membaca Alquran di dalam rumah, maka setan akan kesulitan untuk memasuki rumah tersebut. Nabi Muhammad bersabda, “Setan berlari dari rumah yang dibacakan surah Al Baqarah di dalamnya”. (HR. Ahmad).

2. Rumah akan Bercahaya dan Sehat

Rumah yang dibacakan Alquran akan bercahaya. Dalam salah satu riwayat disebutkan, “Terangilah rumahmu dengan membaca Alquran”.

Alquran merupakan petunjuk kehidupan yang apabila diikuti akan mampu mengeluarkan seseorang dari aneka kegelapan. Kegelapan sikap, kegelapan cara pandang, kegelapan keyakinan dan lain sebagainya. Alquran juga disebut sebagai Syifa (obat). Rumah yang dibacakan Alquran akan menjadi rumah sehat yang bisa mengobati siapapun yang tinggal di dalamnya.

3. Suasana Rumah Jadi Hidup

Rumah yang sepi dari bacaan Alquran akan seperti kuburan. Penghuni rumah yang tidak menyempatkan waktunya untuk membaca Alquran di rumah akan dilanda kekosongan spiritual. Membaca Alquran dengan tadabbur dan tartil akan menghidupkan hati sehingga tidak lalai.

Alquran adalah hidangan Allah yang bisa dinikmati oleh manusia agar mendapatkan petunjuk dan rahmat dari-Nya. Membaca Alquran jadi bagian dzikrullah untuk selalu mengingat Allah. Nabi Muhammad bersabda, “Perumpamaan rumah yang di dalamnya ada dzikrullah dan rumah yang tidak ada dzikrullah di dalamnya ialah seperti orang yang hidup dan orang mati”. (HR. Muslim).

4. Menghidupkan Sunnah dan Mendapat Pahala Jariah

Membaca Alquran adalah bagian dari upaya meneladani Nabi Muhammad SAW dan menghidupkan sunah, selain mendapatkan ganjaran pahala dan kebaikan. Kegiatan ini sebagai upaya melestarikan amalan Nabi dan orang-orang yang saleh.

Orangtua yang selalu membaca Alquran baik sendiri maupun saat bersama anak-anaknya akan menjadi keteladanan yang melahirkan amal jariah. Anak biasanya akan meneladani perilaku orangtuanya tersebut.

Nabi Muhammad bersabda, “Siapa yang menghidupkan sunahku yang kemudian diamalkan oleh orang lain, maka ia memperoleh ganjaran orang yang mengamalkan tersebut hal tersebut tanpa berkurang dari ganjarannya sedikit pun.” (HR. Ibnu Majah).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini