Share

Imbas Wabah Corona, Masjidil Haram dan Makam Nabi Ditutup

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 20 614 2186516 imbas-wabah-corona-kawasan-makam-nabi-muhammad-ditutup-GiFAdxliiL.jpg Foto: Secreenshoot dari akun Instagram @Haramain_info.

Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menutup total kawasan Masjidil Haram dan Masjidil Nabawi, termasuk area Makam Nabi Muhammad di dalamnya pada 20 Maret 2020 selepas melaksanakan Sholat Isya. Hal ini dikarenakan untuk mencegah penularan wabah virus Corona (COVID-19).

Dikutip dari akun instagram resmi Haramain @haramain_info, terdapat unggahan foto yang memperlihatakan gerbang Masjid Nabawi ditutup, sehingga para jamaah sementara tidak bisa masuk ke dalam lingkungan masjid tersebut.

"Gerbang Masjid An Nabawi ditutup untuk mencegah jamaah masuk sesuai informasi baru yang dikeluarkan oleh pihak berwenang, yang hanya mengizinkan sedikit orang untuk memasuki Kompleks Masjid tersebut," tulis @haramain_info.

Di dalam foto tersebut memperlihatkan sejumlah petugas yang diduga dari pemerintah setempat tengah menutup pintu gerbang Masjid Nabawi ketika hari sudah gelap.

Sementara dilansir dari laman Arab News pada Jumat (20/3/2020), para jamaah yang ingin melaksanakan sholat dan kegiatan ibadah lainnya di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sementara terpaksa dibatalkan. Gerbang halaman ditutup untuk para peziarah dan pengunjung sejak 19 Maret 2020, yakni sebagai langkah pencegahan penyebaran pandemi virus Corona.

Juru bicara Presidensi Umum Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi, Hani Haider meminta masyarakat untuk mengikuti intruksi dan dapat bekerjasama dengan menjaga kesehatan masing-masing. โ€œMenjaga kesehatan dan keselamatan para peziarah dan jamaah," katanya.

Hani menambahkan, pihak kerajaan bekerja sama dengan otoritas keamanan dan kesehatan untuk mempersiapkan masjid-masjid lainnya, selain Masjidil Haram dan Nabawi. Sehingga para jamaah masih dapat menjalankan sholat dengan aman dan terjaga kesehatannya. (abp)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini