Share

Bagaimana Hukum Berobat ke Dukun saat Sakit?

Minggu 22 Maret 2020 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 20 614 2186567 bagaimana-hukum-berobat-ke-dukun-saat-sakit-80jRRdls2s.jpg Sakit (Foto: Medical News Today)

Saat ini banyak penyakit berdatangan. Ditambah lagi dengan datangnya wabah COVID-19. Akibatnya banyak orang semakin cemas terkena penyakit. Namun sayangnya orang yang sakit ini kurang memiliki pengetahuan agama, akibatnya mereka datang ke dukun untuk berobat.

Lalu bagaimana hukumnya berobat kepada dukun?

 sakit

Seperti dilansir NU Lampung, hukum berobat menurut Islam Syeikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin adalah wajib. Jika meninggalkan akan menimbulkan bahaya bagi tubuh.

Sesuai sabda Nabi Muhammad SAW,

“Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit dan menjadikan bagi penyakit ada obatnya. Maka berobatlah kalian dan jangan kalian berobat dengan yang haram.”(HR: Abu Dauwud dan Abu Darda)

Adapun hukumnya berobat pada dukun adalah haram.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW,

“Barangsiapa mendatangi dukun atau paranormal lalu ia mempercayai apa yang ia katakan, maka ia telah kafir kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad (HR:Al-Hakim)

Rasulullah SAW juga bersabda,

“Barang siapa yang mendatangi paranormal lalu menanyakan sesuatu. Yang menjadi penyebabnya adalah jin yang memiliki hubungan dengan para dukun di bumi telah mencuri berita langit. Kemudian para jin itu memberitahukannya kepada sekutu mereka. Lalu dukun tersebut mengatakannya dan terjadilah berita yang memang merupakan kebenaran di antara seratus kebohongan yang lain. Adapun berita yang bohong akan dilupakan manusia seakan-akan pernah ada.”

Berkenaan dengan para dukun tersebut, kita wajib mendustakan dan tidak mempercayai mereka. Siapa yang mendatangi dan bertanya kepada mereka lalu membenarkan apa yang dikatakannya, maka ia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad, yaitu Alquran.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Alasannya adalah seperti yang difirmankan Allah,

“Katakanlah, tidak ada seorang pun langit dan di bumi yang mengetahui perkara ghaib kecuali Allah.”

Jadi bertobatlah ke medis, jangan ke dukun. Walaupun lebih murah tapi akidah jadi rusak. Lebih baik keluar biaya sedikit mahal daripada akidah jadi rusak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini