Masjid Al Azhar Mesir Ditutup Cegah Penyebaran COVID-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 614 2187472 masjid-al-azhar-ditutup-cegah-penyebaran-covid-19-7JObY8pDTc.jpg Masjid Al Azhar (Foto: Needpix)

Masjid Al Azhar di Mesir, salah satu masjid tertua, terbesar, dan terkemuka menutup pintu mereka guna mencegah penyebaran COVID-19.

Otoritas Muslim Suni terkemuka Mesir menutup Masjid Al Azhar, masjid bersejarahnya di Kairo mulai dari Sabtu kemarin gara-gara pandemi COVID-19.

"Penutupan Masjid Al Azhar dilakukan untuk keselamatan para jamaah dan penutupan ini dilakukan sampai berakhirnya epidemi virus corona," kata Otoritas Muslim Sunui dalam sebuah pernyataan.

 wabah COVID-19

Namun Masjid Al Azhar tidak akan menghentikan azan untuk mengingatkan jamaah salat melalui pengeras suara.

Dewan Cendekiawan Senior Al-Azhar mengatakan, Pemerintah Mesir memiliki hak untuk menutup masjid-masjid untuk melindungi orang dari virus corona.

Namun saat ini belum ada keputusan tentang ratusan ribu masjid lain di negara tersebut, apakah ditutup atau tidak.

Banyak orang di media sosial mengkritik Pemerintah Mesir karena tidak membatalkan Salat Jumat. Padahal negara-negara lain sudah membatalkan Salat Jumat demi mencegah penyebaran virus corona di masjid-masjid.

Mesir sejauh ini mendaftarkan 285 kasus virus corona yang dikonfirmasi termasuk delapan kematian.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Gereja juga mulai melarang kunjungan ke biara-biara dan ruang-ruang bela sungkawa. Ini demi mennghindari penularan COVID-19.

Seperti dilansir dari National Post, Senin (23/3/2020), doa pemakaman dan khotbah gereja juga akan dibatasi untuk dihadiri oleh keluarga yang meninggal saja. Umat ​​Kristen mewakili sekitar 10 dari 100 juta populasi Mesir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya