nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keutamaan Membaca Surat Yasin bagi Orangtua yang Meninggal

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 18:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 26 614 2189440 keutamaan-membaca-surat-yasin-bagi-orangtua-yang-meninggal-bYdf7c8XSy.jpg Membaca Surat Yasin (Foto: Spectator)

Biasanya sebagian umat Islam ketika seseorang meninggal dunia, mereka mengadakan pengajian dengan membaca Surat Yasin yang dirangkum dengan bacaan lainnya yaitu tahlil atau umum disebut tahlilan.

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia Ustadz Fauzan Amin mengatakan, memang biasanya membaca Surat Yasin alias  yasinan dan tahlilan diadakan dengan sejumlah orang, mulai dari belasan hingga ratusan. Namun ritual keagamaan ini juga bisa dilakukan seorang diri, apalagi di tengah wabah corona.

 mendoakan orangtua

"Tahlil dan yasinan juga bisa di rumah masing-masing. Nanti kalau corona sudah lenyap, bisa beraktivitas kembali seperti mengadakan tahlil," katanya saat dihubungi Okezone, Kamis (26/3/2020).

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. M. Cholil Nafis mengatakan, membaca Surat Yasin atau tahlil di malam Jumat memiliki banyak keutamaan seperti pahala yang melimpah.

Terlebih dikhususkan bagi orang-orang yang sudah meninggal dunia seperti kepada orangtua yang sudah wafat. Mengirimkan doa kepada meraka sekaligus menjadi ladang pahala bagi yang membacanya.

"Malam Jumat merupakan sayyidul ayyam atau hari di mana banyak sekali keutamaan di dalamnya. Jumat merupakan waktu yang paling utama dalam Islam. Pada hari tersebut Nabi Muhammad SAW menganjurkan memperbanyak bacaan tahlil," ucapnya belum lama ini.

Rasulullah SAW bersabda;

عَنْ سَيِّدِنَا مَعْقَلْ بِنْ يَسَارْ رَضِيَ الله عَنْهُ اَنَّ رَسُولَ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم قَالَ : يس قَلْبُ اْلقُرْانْ لاَ يَقرَؤُهَا رَجُلٌ يُرِيْدُ اللهَ وَالدَّارَ اْلاَخِرَة اِلاَّ غَفَرَ اللهُ لَهُ اِقْرَؤُهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ )رَوَاهُ اَبُوْ دَاوُدْ, اِبْنُ مَاجَهْ, اَلنِّسَائِى, اَحْمَدْ, اَلْحَكِيْم, اَلْبَغَوِىْ, اِبْنُ اَبِىْ شَيْبَةْ, اَلطَّبْرَانِىْ, اَلْبَيْهَقِىْ, وَابْنُ حِبَانْ

Artinya: Dari sahabat Ma’qal bin Yasar r.a. bahwa Rasulallah s.a.w. bersabda : Surat Yasin adalah pokok dari Alquran, tidak dibaca oleh seseorang yang mengharap ridha Allah kecuali diampuni dosa-dosanya. Bacakanlah Surat Yasin kepada orang-orang yang meninggal dunia di antara kalian. (H.R. Abu Dawud, dll).

Ia melanjutkan, hal ini dikarenakan juga sebagai bentuk permohonan meminta perlindungan kepada Allah, baik yang membaca atau dikirimkan doa supaya diampuni dosa-dosa selama di dunia.

"Juga untuk memperoleh keberkahan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini