Ini Doa Nabi Yunus dan Maknanya yang Bisa Dibaca saat Malam Nisfu Sya'ban

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 330 2195526 ini-doa-nabi-yunus-dan-maknanya-yang-bisa-dibaca-saat-malam-nisfu-sya-ban-ReXauemXHs.jpg Malam Nifsu Sya'ban (Foto: Family Holiday)

Malam Nisfu Syab'an merupakan salah satu waktu yang paling ditunggu oleh umat Islam, di mana buku amalan manusia di tahun sebelumnya catatannya akan ditutup dan diganti dengan yang baru.

Kemudian malam Nisfu Sya'ban juga waktu yang ditunggu-tunggu oleh Nabi Yunus AS. Hal ini juga diungkapkan oleh Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin. Ia mengatakan saat malam Nifsu Sya'ban, Nabi Yunus membaca doa khusus.

"Doa ini banyak manfaatnya dan keutamaan jika kita mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya saat dihubungi Okezone, Selasa (7/4/2020).

 berdoa

Berikut ini adalah salah satu doa Nabi Yunus ketika malam Nisfu Sya'ban tiba,

Bacaan Doa Nabi Yunus:

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin

Artinya: "Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang dzalim."

Dalam salah satu hadits tentang doa Nabi Nuh yang sangat masyhur,

دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

Artinya: "Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: Laa Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadz Dzalimin (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya).

Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya."(HR. Tirmidzi no. 3505.)

Ustadz Ainul Yaqin menjelaskan, dalam doa tersebut juga terdapat makna pengampun, taubat, dan istighfar dari seorang nabi atau hamba Allah dan sebagai kepasrahan hidup dan mati, berserah diri secara keseluruhan akan segala dosa agar dimaafkan Allah SWT.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Mengharapkan kehadiran Allah untuk dirinya, pertolongan kekuatan Allah menjadi perisai dan kekuatan dalam menghadapi cobaan dan ujian Allah," katanya.

"Serta memohon dikabulkan hajat atau permintaan kepada Allah, sebagai zat tempat bersandar, memohon, meminta, bergantung agar dipenuhi semua kebutuhannya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya