Cak Imin Ajak Doa Anti Virus Corona saat Malam Nisfu Syaban

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 08 616 2196105 cak-imin-ajak-doa-anti-virus-corona-saat-malam-nisfu-syaban-4uSzLDudzQ.jpg

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar memaknai malam Nisfu Syaban pada Rabu (8/4/2020) sebagai sebuah keberkahan bagi umat Muslim. Tak lupa ia mengajak untuk melakukan beberapa amalan khusus agar Indonesia cepat dituntaskan dari virus Corona.

"Malam Nisfu Syaban, saat Malaikat mengangkat dan menyerahkan catatan amal ibadah manusia selama satu tahun. Rasulullah SAW paling senang menutup catatan amal dengan keadaan berpuasa dan mendekat Allah SWT dengan zikir, doa dan sedekah," kata Cak Imin dalam video yang diunggah di akun Facebook Abdul Muhaimin Iskandar.

Saking istimewanya malam tersebut, cucu pendiri Pondok Pesantren Denanyar, Jombang, Jawa Timur, KH Bisri Syansuri ini mengingatkan bahwa Nifsu Syaban terdapat dalam sebuah Surat Alquran. Dalam Ar Ra'ad ayat 39 disebutkan Allah SWT mulai menentukan kembali takdir manusia yang baru:

يَمْحُوا۟ ٱللَّهُ مَا يَشَآءُ وَيُثْبِتُ ۖ وَعِندَهُۥٓ أُمُّ ٱلْكِتَٰبِ

Yam-ḥullāhu mā yasyā`u wa yuṡbit, wa 'indahū ummul-kitāb

Artinya: "Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki), dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab (Lauh Mahfuzh)."

Berharganya momen Nifsu Syaban, urai Cak Imin, dimanfaatkan oleh Rasulullah SAW dengan cara berpuasa sunnah. Keistimewaan di hadapan Allah SWT dan Rasulullah SAW terhadap Nifsu Syaban, dinilai Cak Imin hendaklah tidak disia-siakan.

Setelah pergantian hari tepat saat azan Maghrib berkumandang, Cak Imin mengingatkan adanya beberapa amalan yang bisa dilakukan ketika Nisfu Syaban. Dimulai dengan sholat Maghrib berjamaah, sholat hajat dua rakaat, membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali setelah sholat Maghrib.

"Surat Yasin dibaca sebanyak tiga kali bukan tanpa sebab. Masing-masing memiliki keutamaan tersendiri, dimana terselip doa atau permohonan kepada Allah agar di kehidupan berikutnya lebih baik,"ungkap Cak Imin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Doa yang dianjurkan usai Surat Yasin pertama kali untuk dipanjangkan usia, sehat jasmani rohani dan menjadi pribadi yang bermanfaat serta diridhoi Allah SWT. Cak Imin pun menyarankan agar doa nanti ditambahkan untuk keselamatan Indonesia dari virus Corona.

Usai membaca Surah Yasin kedua, doa yang dipanjatkan untuk mohon rezeki yang halal, berlimpah, dan barokah dalam mencukupi kebutuhan keluarga, syiar agama, dan membantu sesama.

Doa pamungkas usai Surah Yasin ketiga, yakni memohon keteguhan iman supaya tetap istiqomah dalam kebaikan dan kebenaran sampai akhir hayat (husnul khotimah).

"Semoga Allah SWT mengubah takdir kita dan orang-orang yang kita sayangi menjadi lebih baik dan barokah. Dan semoga Indonesia selamat dari segala macam wabah. Ya Allah takdirkanlah kami semua dan orang-orang yang kami sayangi menjadi lebih baik dan barokah. Ya Allah jadikanlah Indonesia selamat dari segala macam wabah, Aamiiin," pungkas Cak Imin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya