Nama-Nama Bayi yang Terinspirasi dari Juwairiyah Istri Rasulullah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 18 April 2020 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 15 614 2199596 nama-nama-bayi-yang-terinspirasi-dari-juwairiyah-istri-rasulullah-AZT09NNDEG.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA waktu lalu seorang netizen meminta saran kepada Ustadz Yusuf Mansur, tentang nama bayi yang baik menurut Islam. Kemudian ia mengatakan sebaik-baik nama laki-laki yakni ada suku kata Muhammad.

Sedangkan untuk perempuan mengandung suku kata yang diambil dari istri atau putri Rasulullah. "Sebaik-baik nama buat laki-laki ada kosa kata Muhammad-nya. Kalau buat perempuan, ya nama-nama dari salah satu istri para nabi atau putri Rasulullah,” tulis Yusuf di akun Instagramnya @yusufmansurnew beberapa waktu lalu.

Sementara itu salah satu istri Rasulullah yaitu Juwairiyah binti Härits Ummul Mukminin yang merupakan junjungan Bani Mushtaliq. Wanita yang bertakwa, suci, khusyuk, dan ahli ibadah ini merupakan keturunan orang-orang baik dan bangsawan.

Dalam buku 39 Tokoh Wanita Pengukir Sejarah Islam dikisahkan, Aisyah mengatakan, "Juwairiyah adalah wanita yang cantik dan manis. Setiap orang yang melihatnya pasti jatuh hati kepadanya. Suatu kali ia mendatangi Rasulullah untuk meminta bantuan dalam urusan mukatabah bagi dirinya. Demi Allah, begitu melihatnya di depan pintu kamar, aku merasa tidak senang melihatnya. Aku pun tahu bahwa Rasulullah SAW akan melihat seperti yang aku lihat.”

Kemudian dalam Al-Ishábah, Ibnu Hajar menggambarkan bagaimana kekuatan iman Juwairiyah dan sejauh mana cintanya kepada Rasulullah. Ia mengisahkan, "Ayah Juwairiyah, al-Harits, mendatangi Rasulullah SAW kemudian berkata “Sesungguhnya putriku adalah tawanan yang tiada duanya. Namun, aku terlalu terhormat untuk itu.”

Lebih lanjut mengenai nama bayi yang baik, tentu Juwairiyah merupakan panggilan yang bagus untuk perempuan. Dan ini sesuai dengan saran Yusuf Mansur.

Nah, bagi ayah dan bunda yang sedang mencari ide nama-nama bayi, berikut Okezone rekomendasikan nama-nama islami untuk putri Anda yang terinspirasi dari Juwairiyyah istri Rasulullah.

Nama-nama di bawah ini merupakan perpaduan suku kata Suwairiyyah dengan nama-nama populer yang dikutip dari laman Search Truth pada Sabtu (18/4/2020).

Juwairiyah Daneen

Artinya: Juwairiyah, putri yang cantik.

Inaya Dujana Juwairiyah

Artinya: Juwairiyah yang penuh perhatian di musim hujan.

Habiba Juwairiyah

Artinya: Juwairiyah wanita penyayang.

Nur Juwairiyah

Artinya: Juwairiyah Wanita yang Bercahaya. (abp)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini