PSBB Sesuai Syariat, Wabah Corona Momen Muslim Berdoa Secara Syahdu

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 330 2205899 psbb-sesuai-syariat-wabah-corona-momen-muslim-berdoa-secara-syahdu-Zo9vgfXUrH.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Pemerintah mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mencegah penuluran virus corona (COVID-19) di kerumunan orang. Kebijakan ini dinilai sesuai syariat Islam.

Imam Besar Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar Muammar Bakry mengatakan agama Islam mengajarkan agar kehidupan umat dijaga. Oleh karena itu kebijakan PSBB yang dikeluarkan pemerintah dalam rangka menjaga kesehatan masyarakat harus dituruti.

“Perlu diketahui posisi kita sebagai umat Islam tentunya ada perintah agama yang harus kita ikuti, pertama itu adalah perintah dari Allah, kedua perintah dari Rasulullah, dan yang ketiga adalah perintah ulil amri atau pemerintah sendiri,” ujar Muammar Bakry pada Jumat 2 April 2020.

Kiai Muammar Bakry menambahkan, ulama dan tokoh masyarakat tidak boleh membiarkan pemerintah sendirian menghadapi wabah corona. Ulama mesti ikut serta dengan cara memberikan pemahaman tentang perlunya PSBB.

“Jadi kita tidak bisa hanya menyerahkan tugas besar ini kepada pemerintah saja. Peran tokoh agama dan tokoh masyarakat harus hadir di tengah masyarakat untuk bisa berperan aktif untuk menenangkan dan memberikan pemahaman dalam menyikapi PSBB dan kondisi saat ini,” tuturnya.

Muammar menambahkan peniadaan ibadah bersama seperti sholat tarawih dan amalaiah berjamaah lainnya di masjid, sebaknya dilihat dari sisi positifnya saja. Yakni ibadah di rumah saat bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT secara syahdu.

“Oleh karena itu saya kira ibadah yang kita lakukan pada Ramadan kali ini sifatnya lebih personal. Puasa Ramadan kali ini dapat dijadikan pelajaran sekaligus ujian bagi umat manusia utamanya umat Islam untuk menahan nafsunya sehingga nilai dari puasa itu bisa kita wujudkan dalam semua sendi kehidupan kita ini,” ujarnya.

"Jadi biarlah masyarakat memohon (berdoa) kepada Tuhan secara syahdu dengan kesendiriannya. Dan itu tidak ada larangan dari Allah di tengah bencana ini,” pungkas Muammar.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya