Ini Cara Imam Besar Masjidil Haram Cegah Penyebaran Wabah Corona

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 07 Mei 2020 10:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 07 614 2210442 ini-cara-imam-besar-masjidil-haram-cegah-penyebaran-wabah-corona-XQJ2Umz3PM.jpg Syeikh Abdul Rahman Al Sudais. Foto: Alarabiya/Twitter

PANDEMI virus corona (COVID-19) yang terjadi hampir di seluruh dunia masih jauh dari selesai. Dampaknya kesehatan masyarakat terganggu, begitupula roda perekonomian. Sejumlah upaya telah dilakukan oleh setiap negara untuk menangani ataupun mencegah penyebaran COVID-19 semakin meluas. Salah satunya Arab Saudi.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Syaikh Abdurrahman bin Abdul Aziz as-Sudais bekerja sama dengan wakil komandan Satgas Khusus Keamanan Masjidil Haram Amir Badr bin Su’ud Aal Su’ud meresmikan program penyuluhan “Bersama Kita Antisipatif” dengan sasaran petugas yang ada di Masjidil Haram.

Program ini dimaksudkan untuk memberikan penyuluhan kepada petugas di Masjidil Haram untuk mengikuti seluruh prosedur pencegahan yang ditetapkan oleh Dewan Pimpinan Umum dan Lembaga terkait dalam rangka menangkal virus Corona (COVID-19).

“Selain itu, program ini memberikan penjelasan tentang cara sehat dan tepat dalam menggunakan hand sanitizer dan memakai masker. "

Baca Juga: Humor Gus Dur, Ngalap Berkah Minuman Imam 

Syaikh Sudais menekankan untuk selalu mengikuti semua prosedur pencegahan di dalam Masjidil Haram dengan memanfaatkan beberapa teknologi yang dapat membantu mencegah virus tersebar di antara petugas dan satuan keamanan, serta segenap pihak yang sedang bertugas.

Sebelumnya telah disampaikan terkait adanya pemasangan kamera pengukur suhu tubuh untuk mendeteksi kondisi kesehatan mereka sebelum bertugas setiap harinya di Masjidil Haram.

Dewan Pimpinan Umum menegaskan, bahwa aktivitas para pekerja terus berjalan seperti biasanya, yakni dengan menerapkan prosedur ini.

Baca Juga: Siapa Saja yang Wajib Membayar Zakat Fitrah?

Pemerintah setempat pun hingga saat ini terus berupaya melindungi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dari penyebaran wabah corona.

Akun twitter @HaramainInfo, mengunggah foto Syeikh Abdul Rahman bin Abdulaziz Al-Sudais beserta para petugas masjid. Ia mengapresiasi kerja pihak keamanan.

“Yang Mulia Presiden Jenderal Haramain Sheikh Abdul Rahman bin Abdulaziz Al-Sudais, memuji peran kepemimpinan keamanan yang terlibat dalam Masjid Al Haram. "

Baca Juga: Ditanya Hotman Cara Menahan Diri dari Godaan Wanita, Begini Kata Aa Gym

Sebelumnya Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais memastikan bahwa Masjidil Haram akan kembali dibuka dalam waktu dekat ini.

Pada Selasa 28 April 2020 ia beserta jajarannya diketahui telah melaksanakan proses disinfeksi untuk mensterilkan tempat paling suci bagi umat Islam tersebut dari paparan virus corona atau COVID-19.

Dalam kesempatan tersebut, Imam Besar Al-Sudais juga sempat memberikan pidato sekaligus menyatakan bahwa Masjidil Haram akan segera dibuka untuk umum.

"Hari-hari itu akan segera tiba, ketika kesedihan berhasil diusir, dan umat Islam akan kembali ke dua masjid paling suci untuk tawaf (mengeliling Ka'bah), sa'i (ritual berlari kecil sebanyak tujuh kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya), serta shalat di Al-Rawdah Sharif dan menyapa Nabi Muhammad ," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini