Ustadz Hanan Attaki Ungkap Keutamaan Ramadhan

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2020 20:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 330 2211253 ustadz-hanan-attaki-ungkap-keutamaan-ramadhan-emCggnD8sY.jpg Ustadz Hanan Attaki. (Foto: Instagram/@hanan_attaki)

RAMADHAN bukan hanya sekadar bulan biasa. Karena di dalamnya terdapat keberkahan begitu melimpah, serta memiliki banyak keutamaan.

Lalu apa yang dimaksud dengan keutamaan di bulan Ramadhan? Dai kondang Indonesia, Ustadz Tengku Hanan Attaki alias Hanan Attaki mengatakan, seperti yang sering didengar dari nasihat-nasihat para ulama, serta yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW, bahwa Ramadhan adalah bulan yang penuh kegembiraan dan nasihat bagi semua umat Islam.

hanan

Selain itu, dengan menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita, maka akan sekaligus menilai keimanan diri sendiri, serta dapat juga menjadi booster. Inspirasi seputar Ramadhan pun menegaskan keutamaan di bulan ini tidak boleh dilewatkan.

“Bagi yang berbahagia menyambut Ramadhan merupakan ciri orang yang beriman. Seperti bertemu dengan orang yang disayangi, terpisah sejak lama,” katanya saat live bersama Okezone di Instagram dengan tema Inspiring Ramadhan Live, Jumat (8/5/2020).

Ustadz Hanan Attaki melanjutkan, setiap muslim bebas mengekspresikan dirinya ketika menyambut bulan suci Ramadhan. Sebab setiap orang bahkan negara punya caranya masing-masing dalam menyambut bulan berkah tersebut.

“Seperti dulu ketika saya kuliah di Mesir, di setiap rumah dihiasi dengan lampu-lampu ketika menyambut bulan Ramadhan. Kita bebas mau ekspresi dengan haru dan yang paling penting dengan bentuk syukur. Kita enggak bisa maksain ekspresi orang lain. Intinya kita happy dengan datangnya bulan Ramadhan,” ujarnya.

Kemudian, bagi Muslim yang bertakwa dan ikhlas ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, maka setiap harinya Allah akan memberikan ganjaran dan hadiah yang berbeda-beda. Bahkan ketika hadiah itu sudah terkumpul, maka akan menjadi penolong di akhirat nanti.

“Bentuknya berbeda-beda, ada yang berbentuk istana dan lainnya,” ucapnya.

Karena itu, Ustadz Hanan Attaki berpesan agar umat Islam menyambut Ramadhan dengan kegembiraan. Maka Allah SWT akan memberikan keberkahan yang melimpah. Allah berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” (QS. Al Baqarah: 185).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini