Tata Cara Mengubur Kucing, Hewan Kesayangan Rasulullah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 09 Mei 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 09 614 2211542 tata-cara-mengubur-kucing-hewan-kesayangan-rasulullah-cFsH5w0M29.jpg Ilustrasi. (Freepik)

BAGI Anda pemelihara kucing, semoga Allah SWT melimpahkan keberkahan. Sebab, Anda memelihara hewan yang disayang Rasulullah.

Bicara memelihara kucing, tentu akan ada pertanyaan bagaimana cara menguburkan kucing apabila mati mengingat usia kucing lebih pendek dari manusia? Apakah ada tata cara khusus karena hewan yang satu ini adalah makhluk kesayangan Rasulullah?

kucing

Dalam laman Islam QA, menguburkan kucing lebih baik dibandingkan membuangnya. Dikatakan di sana, menguburkannya adalah bukti cinta seorang beriman pada makhluk hidup yang telah mati. Karena itu, sebaiknya dikuburkan daripada dibuang begitu saja.

Meskipun demikian, jika tidak ada pilihan lain selain membuangnya, maka harus berhati-hati agar tidak membuangnya sembarangan, karena tubuh kucing akan membusuk dan menjadi masalah lain di lokasi tempat membuangnya. Menjadi perhatian penting juga bahwa tidak boleh membuang bangkai hewan ke sumur karena berbahaya bagi air yang ada di sumur tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kemudian, di mana kucing bisa dikuburkan? Menurut laman Metro, pilih lokasi di halaman rumah jika Anda punya pekarangan. Namun, menjadi perhatian ialah pastikan lokasi menguburkan kucing jauh dari sumber mata air. Tujuannya supaya tidak merusak kualitas air, karena bangkai kucing itu sendiri.

Untuk lubang bangkai kucing, usahakan untuk buat lubang 2 kali panjang kucing dengan kedalaman 30 cm. Terkait lebar, sesuaikan dengan ukuran badan si kucing saja. Selain itu, pilih lokasi tanah kering saat membuat lubang.

Nah, sebelum mayat kucing dimasukkan ke dalam lubang, pastikan memasukkan beberapa daun segar ke dalam lubang tersebut. Ini menjadi penting supaya meminimalisir bau bangkai yang keluar. Jika sudah, timbun tanah, padatkan, dan beri tanda.

Lantas, apa yang harus dilakukan bagi seorang beriman ketika melihat bangkai kucing di jalan? Dalam laman The National, Pendiri Abu Dhabi al Rahma Society Raghad Auttabashi menjelaskan, dirinya akan menghentikan mobilnya ketika melihat seekor kucing yang tertabrak di jalanan.

"Jika ada bangkai kucing di jalan, saya akan memindahkannya dari jalanan dengan koran dan memasukkannya ke kantung plastik, lalu menguburkannya," katanya.

Beda cerita kalau kucing itu terlihat masih berjuang untuk hidup, Auttabashi akan membawa kucing itu ke dokter hewan untuk diselamatkan. Menjadi perhatian semua orang, sambung Auttabashi, ketika Anda melihat ada bangkai hewan di jalanan tapi sulit untuk menyingkirkannya, maka jangan melindas di atas tubuhnya. "Ini bentuk hormat kita sebagai manusia pada makhluk lain ciptaan Tuhan," sambungnya.

Sebuah fatwa dikatakan, siapa pun akan masuk neraka karena kucing jika menyiksa kucing dengan menguncinya (dikandangkan) dan tidak memberinya makan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya