Di Tengah Pandemi Corona, Masjid-Masjid Ini Dibuka untuk Sambut Lailatul Qadar

Jum'at 15 Mei 2020 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 614 2214486 di-tengah-pandemi-corona-masjid-masjid-ini-dibuka-untuk-sambut-lailatul-qadar-5kbqvPFqvv.jpg Itikaf di masjid saat pandemi corona (Foto: Al Jazeera)

Di tengah pandemi virus corona, umat Islam di Iran menikmati pembukaan kembali masjid-masjid untuk berdoa pada 10 hari terakhir Ramadhan. Namun, mereka tetap melaksanakan physical distancing dan protokol kesehatan lainnya. Pembukaan masjid-masjid untuk sementara dilakukan dalam rangka mencari berkah malam Lailatul Qadar.

Pihak berwenang telah mengizinkan masjid-masjid untuk dibuka kembali selama tiga malam, dari tanggal 13 hingga 15 Mei. Ini memungkinkan jamaah itikaf di masjid untuk menanti malam Lailatul Qadar.

mencari Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar diyakini berlangsung dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Namun karena tanggal tepatnya tak diketahui, maka muslim banyak mencari berkah dengan ibadah sebanyak-banyaknya pada 10 Ramadhan terakhir.

Seperti dilansir dari Asia News, Jumat (15/5/2020), malam Lailatul Qadar terjadi ketika malaikat Jibril membawa wahyu Alquran kepada Nabi Muhammad SAW. Malam lailatul qadar diperingati umat islam dengan itikaf untuk mendapatkan ampunan dan pahala berlimpah dengan banyak ibadah, misalnya berdzikir, sholat sunah dan membaca Alquran.

Meski di tengah pandemi virus corona, muslim di Iran tetap melakukan itikaf di masjid-masjid. Mereka membawa Alquran dan sajadah sendiri-sendiri. Mereka juga memakai masker dan duduknya berjauhan.

Di masjid Reihanat al-Hossein, Teheran Barat, sejumlah keluarga, beberapa membawa anak-anaknya untuk itikaf mencari Lailatul Qadar.

Anggota Basij, salah satu kelompok sukarelawan paramiliter Korps Garda Revolusi (Pasdaran), memantau para jamaah yang hadir. Mereka terus mengingatkan orang-orang untuk menjaga jarak yang aman.

Para jamaah yang berdoa di luar gedung masjid disemprot dengan desinfektan oleh anggota Basij yang mengenakan pakaian pelindung. "Kami semua khawatir dengan penyakit ini, juga keluarga saya,” kata Mahmoudi, 60 tahun, salah satu dari ratusan jamaah yang mencari Lailatul Qadar.

“Ketika saya mau mencari Lailatul Qadar di masjid, keluargaku merasa khawatir. Namun saya berjanji kepada mereka bahwa saya akan mengikuti aturan sanitasi dan kebersihan. Saya juga melihat jamaah lain mengikuti aturan," ujar Mahmoudi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Kami memakai sarung tangan dan masker. Kalau kita semua patuh pada peraturan, tidak akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan," ujar Massoumeh.

Berdasarkan data Worldometers, saat ini jumlah kasus corona di Iran mencapai 114.533 kasus. Jumlah korban meninggal 6.854 orang, dan jumlah korban sembuh 90.539 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya