4 Kuliner Khas Indonesia Cocok Dinikmati untuk Takjil Buka Puasa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2020 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 16 616 2215226 4-kuliner-khas-indonesia-cocok-dinikmati-untuk-takjil-buka-puasa-UI68tXocFW.jpg Kolak. (Foto: Instagram/@susie.agung)

SETELAH seharian berpuasa menahan lapar dan haus, menikmati takjil untuk berbuka menjadi pilihan yang menarik. Sebagai salah satu negara yang terdiri dari banyak kepulauan, tentunya banyak hidangan spesial yang cocok disantap sebagai menu berbuka puasa.

Dari mulai kolak, es pisang ijo, serta hidangan segar lainnya yang bisa kamu cicipi di rumah. Di beberapa keluarga bahkan mengonsumsi takjil jadi tradisi.

Nah, dilansir Okezone dari laman resmi Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (15/5/2020), berikut lima hidangan khas Indonesia yang sangat cocok disantap untuk berbuka puasa. Berikut ulasannya.

Kolak

kolak

Hidangan yang satu ini memang sangat identik selama bulan Ramadhan. Rasanya yang super manis mampu meningkatkan kadar gula darah setelah berpuasa selama berjam-jam lamanya. Kolak terbuat dari santan dicampur dengan gula aren, vanilla, daun pandan dan diisi dengan irisan pisang, ubi jalar atau labu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Es Pisang Ijo

es

Hidangan ini berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Pisang Ijo ini terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan tepung yang telah diberi warna hijau. Makanan ini disantap dengan santan dan sirup cocopandan ditambah dengan es serut.

Es Timun Suri

timun

Es Timun suri juga sering muncul selama bulan Ramadhan. Timun suri berbentuk seperti melon dan mengandung banyak air. Buah ini biasanya disajikan dengan sirup cocopandan atau madu. Di beberapa daerah, timun suri dicampur dengan sirup gula arena tau susu kental manis. Anda juga bisa menuangkan sedikit air perasan jeruk nipis untuk membuatnya terasa lebih segar.

Kicak

Selain aneka minuman manis yang menyegarkan, Kicak juga bisa menjadi santapan yang pas untuk berbuka puasa. Kicak adalah makanan khas Yogyakarta yang bisa ditemui selama bulan Ramadhan. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk, dicampur dengan kelapa parut dan irisan nangka sebagai pelengkapnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya