Dewan Masjid Indonesia: Jangan Sampai Ada Jamaah Kelaparan di Tengah Corona

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 21 Mei 2020 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 21 614 2217380 dewan-masjid-indonesia-jangan-sampai-ada-jamaah-kelaparan-di-tengah-corona-ygf8eztj06.JPG Anggota DMI Pusat melakukan penyuluhan kepada takmir masjid di Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat (Foto: Ist)

KOMITE Relawan Masyarakat Tangguh Bencana Dewan Masjid Indonesia (MTB DMI) Covid-19 melakukan penyuluhan terkait peran dan fungsi masjid dan jamaah kepada 20 takmir atau pengurus masjid di kawasan Bogor dan Bekasi, Jawa Barat.

“Dengan tetap semangat, semangat Hari Kebangkitan Nasional, kita terus semangat dan yakin, sabar dan pantang menyerah menghadapi ujian Covid-19. Kita perkuat persaudaraan dan solidaritas sosial. Jangan sampai ada satupun warga dan jamaah kelaparan,” ujar Direktur Program Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat, Munawar Fuad dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, Kamis (21/5/2020).

Masjid yang dipilih dalam penyaluran bantuan untuk takmir ini adalah Masjid Al-Mujahidin, Cibarusah, Bekasi. Di mana masjid ini merupakan salah satu saksi sejarah perjuangan Indonesia.

Baca juga: Hindari COVID-19, DMI Minta Seluruh Masjid dan Musala Jaga Kebersihan

Meski di tengah pandemi virus corona, kata Fuad, masjid-masjid harus tetap disejahterakan oleh berbagai macam bantuan.

DMI di Cibarusah

Lebih lanjut, kata Fuad, masjid merupakan menjadi pusat penyelamatan dan perlindungan umat. Sehingga harus tetap terjaga kebersihan, dan kesejahteraan setiap pengurusnya.

“Masjid tetap harus dijaga kebersihannya, azan tetap dikumandangkan, kegiatan ibadah sholat, dilaksanakan rutin sesuai protokol kesehatan. Inilah saatnya program memakmurkan dan dimakmurkan masjid benar-benar bisa diwujudkan, agar peran masjid melayani umat dan jamaah dalam beribadah juga muamalahnya secara lengkap,” terang Pembina Komite Relawan MTB Covid-19 itu.

Baca juga: Cegah Penyebaran COVID-19, Jusuf Kalla Minta DMI Semprotkan Disinfektan ke Sejumlah Masjid

Salah satu bantuan yang diberikan untuk para takmir masjid adalah berupa sembako. Program DMI tersebut juga melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang memberikan fasilitas ambulans untuk membantu pertolongan pertama terkait dengan kesehatan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya