Pesan Gus Miftah untuk Umat Islam di Hari Raya Idul Fitri

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2020 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 616 2218721 pesan-gus-miftah-untuk-umat-islam-di-hari-raya-idul-fitri-t18S0Ohet6.jpg

Idul Fitri tahun ini sangat berbeda dibandingkan lebaran tahun-tahun sebelumnya lantaran dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Pengasuh pondok pesantren Ora AJi, Sleman, KH Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah) pun menyelipkan pesan khusus untuk umat Islam.

Dia berharap masyarakat yang akan merayakan Idul Fitri tetap menahan diri dan bersabar di tengah pandemi Covid-19. Menahan diri khususnya untuk tetap di rumah dan tidak berkumpul dengan orang banyak jika tidak ada kepentingan mendesak dan selalu menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

Gus Miftah berharap mudik tahun ini sebagai instropeksi diri mudik sesungguhnya kepada Allah SWT. Ditengah bencana corona ini umat harus terus mendekatkan diri dan mohon pertolongan kepada sang pencipta.

(Baca Juga : Panduan dan Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah)

”Mudik lebaran setiap tahun selalu kita lewati dengan waktu yang pasti, tanggal dan bekal yang dibawa, namun kadang kita lupa bahwa hakekat mudik sesungguhnya kepada Allah apakah kita sudah siapkan bekalnya dan waktu yang tidak kita ketahui,” katanya dikutip dari KRJogja.

Gus Miftah juga menambahkan umat Islam harus terus bersabar di tengah pandemi Covid-19 seperti sabarnya orang berpuasa menahan nafsu lapar dan haus.

(Baca Juga : Mudik Kultural dan Spiritual)

”Orang berpuasa itu sabar karena yakin adzan magrib bakal datang, sehingga dengan wabah ini kita sebagai orang beriman harus yakin pertolongan Allah bakal segera datang,” tegasnya.

Ujian pertama untuk umat Islam di tengah pandemic Covid-19 ini adalah menahan diri untuk tidak mudik guna mencegah semakin menyebarnya virus corona. Ujian selanjutnya adalah tidak memaksakan diri menggelar sholat Idul Fitri berjamaah di masjid atau tanah lapang untuk wilayah berstatus merah pandemic Covid-19.

(Baca Juga : Ini yang Dilakukan Iblis di Hari Raya Idul Fitri)

Setelah dua ujian di atas selanjutnya adalah pengendalian diri untuk sementara tidak melakukan silaturahim dari rumah ke rumah serta mencegah kontak fisik saling berjabat tangan, lantaran berpotensi jadi media penularan corona. Solusinya mengganti silaturahim konvensional dengan silaturahim virtual.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya