Presiden Jokowi: Idul Fitri Momen Menjaga Kesatuan Bangsa

Hantoro, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 11:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 25 614 2219154 presiden-jokowi-idul-fitri-momen-menjaga-kesatuan-bangsa-ezjAlO75UQ.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

PRESIDEN Joko Widodo mengatakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah menjadi momentum menjaga kesatuan bangsa. Kemudian juga sebagai sarana mempererat jalinan persaudaraan sesama warga negara Indonesia.

"Hari raya Idul Fitri adalah momen yang tepat untuk menjaga kesatuan bangsa, menjaga erat tali persaudaraan, dan ikatan persatuan kita sebagi anak bangsa," ujar Jokowi dalam Takbir Virtual Nasional dan Pesan dari Masjid Istiqlal, seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin (25/5/2020). 

 

Idul Fitri di tengah pandemi virus corona, menurut dia, menambah peluang bagi setiap umat Islam menunaikan ibadah lainnya, seperti melaksanakan zakat fitrah dan memperbanyak sedekah.

"Oleh karena itu, keadaan senang ataupun sedih, berlimpah atau kekurangan, sulit ataupun mudah, rumit ataupun sederhana, jika Allah benar-benar menghendakinya, dan kita bisa menerimanya dengan ikhlas dan dalam takwa dan tawakal," lanjutnya. 

Kepala Negara menyampaikan, jika semua hal dapat dilakukan dengan ikhlas, maka akan membuahkan berkah, hikmah, rezeki, dan hidayah. 

Tidak lupa ia juga mengingatkan bahwa Ramadan adalah bulan ketakwaan. Seorang hamba dinyatakan lulus ketika bisa menjadi lebih baik dan takwa setelah menjalani puasa di bulan yang suci tersebut.

"Kita perlu istikamah dalam menjalankan amaliah Ramadhan dan melanjutkan amaliah-amaliah Ramadhan di bulan berikutnya," jelasnya. 

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini