Corona Mereda, Masjid-Masjid di Italia Mulai Dibuka

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 17:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 25 614 2219278 corona-mereda-masjid-masjid-di-italia-mulai-dibuka-10p2Ee7dKP.JPG Salah satu masjid megah di Kota Roma, Italia (Foto: beautifulmosque.com)

SEJUMLAH masjid di Italia mulai dibuka untuk pertama kalinya sejak ditutup beberapa bulan lalu akibat pandemi virus corona atau Covid-19. Meski demikian, para jamaah di Masjid Via Meda Milan diminta untuk mengenakan masker.

Selain itu, pengelola masjid juga menerapkan sholat berjamaah secara bergantian untuk menghindari kepadatan jumlah jamaah. Hal ini disampaikan oleh salah satu muslim di sana bernama Saleh.

"Ini untuk keselamatan kita, untuk kebaikan kita, jadi kita harus melakukan apa yang diminta. Cara ini mengurangi risiko bagi kami dan keluarga. Ini hal yang sangat bagus. Saya telah menunggu lama untuk saat ini,” terang Saleh, melansir Arab News, Senin (25/5/2020).

Baca juga: Pengalaman Spiritual Rooney di Padang Arafah, Masuk Islam Usai Mendengar Adzan

Saleh berharap pandemi virus corona segera berakhir dan semua masyarakat dapat kembali ke kehidupan normal tanpa ada rasa khawatir dan takut.

Sebagaimana diketahui Italia telah menetapkan status lockdown pada 9 Maret 2020. Masjid-masjid juga ditutup pada tanggal yang sama. Namun pembatasan tersebut dilonggarkan pada awal bulan ini ketika negara itu secara bertahap mulai kembali ke normal.

Muslim di Italia Sholat Id

Kapasitas Masjid Via Meda telah berkurang dari awalnya mampu menampung 250 orang menjadi hanya 70 jamaah saja. Selain itu telah diputuskan bahwa umat Islam akan sholat secara bergiliran sampai pandemi Covid-19 berakhir.

Baca juga: Kisah Guru yang Dibebaskan dari Api Neraka

Poster-poster berbahasa Italia dan Arab di pintu masuk dan dinding masjid mengimbau setiap orang mengenakan masker dan kaus kaki. Sajadah juga dibersihkan di setiap shift sholat sehingga orang berikutnya dapat menggunakannya dengan aman.

Sepatu ditempatkan di rak yang berada di luar ruangan dengan cara yang baik agar tidak berantakan. Jabat tangan dan pelukan juga dilarang, jadi orang-orang saling menyapa dengan meletakkan tangan kanan pada bagian dada.

Imam masjid, Yaha Pallavicini dalam khotbahnya bersyukur kepada Allah SWT atas kesehatan yang diberikan kepada seluruh komunitas.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini